6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Ternyata ada manfaatnya saat wrokout sambil dengerin musik!

Kebanyakan orang pasti mendengarkan musik saat workout atau berolahraga. Apakah kamu termasuk salah satunya? 

Ternyata kebanyakan orang yang workout sambil mendengarkan musik bukan semata mata menghilangkan bosan saja loh. Mendengarkan musik saat berolahraga memiliki banyak manfaat untuk menunjang kegiatan workout kita. Mendengarkan musik selama berolahraga dapat menjadi bagian dari kebiasaan atau ritual sebelum memulai aktivitas fisik.  Selain itu, mendengarkan musik saat workout memiliki dampak untuk mengkomunikasikan emosi, suasana hati, atau kondisi mental dan bermanfaat bagi kualitas hidup kita.

Berikut kita bahas yuk apa saja sih manfaat workout sambil mendengarkan musik:

  1. Musik menciptakan sinkronisasi antara tubuh dan irama

Rhythmic entrainment ketika gerakan workout kita selaras dengan tempo musik. Ini dapat meningkatkan koordinasi dan kelincahan, terutama dalam olahraga yang melibatkan gerakan yang terkoordinasi.

  1. Memicu perasaan senang

Ternyata otak kita merespon musik dengan melepaskan dopamin, neurotransmitter pemicu kesenangan. Rasa senang dan motivasi yang meningkat mendorong kita untuk melewati tantangan dan mencapai tingkat kebugaran baru.

  1. Musik mengalihkan perhatian dari rasa lelah

Musik dapat mengalihkan perhatian dari perasaan lelah dan sakit dengan mengalihkan fokus kita dari ketidaknyamanan fisik. Musik dapat mengubah latihan yang berpotensi melelahkan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

  1. Pemulihan emosional

Musik dengan melodi atau lirik yang positif dapat memberikan dorongan emosional. Ini dapat membantu atlet mengatasi rasa cemas, stres, atau kelelahan mental selama atau setelah berolahraga.

  1. Mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan

Ketika individu merasa bahwa latihannya tidak terlalu berat, mereka didorong untuk berolahraga lebih lama dan dengan intensitas yang lebih tinggi. Perubahan persepsi terhadap upaya ini mengubah narasi latihan, menjadikan aktivitas fisik tidak hanya lebih mudah tetapi juga lebih menyenangkan.

  1. Pengalaman subjektif

Efek musik juga sangat tergantung pada preferensi individu. Musik yang disukai oleh seseorang dapat meningkatkan kegembiraan dan kepuasan saat berolahraga.