6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Apa sih Fungsinya Sikap Lilin?

Sikap lilin sudah ga asing lagi dong, karena jika kita melakukan senam lantai sudah pasti ada gerakan sikap lilin ini, apalagi untuk pelajar disetiap sekolah pada saat pembelajaran olahraga ada praktek sikap lilin dan sikap lilin ini dapat dilakukan oleh siapa saja baik perempuan, laki laki, bahkan anak anak pun bisa melakukan gerakan ini. Namun gerakan sikap lilin ini tidak dianjurkan untuk lansia, dan ibu hamil. Karena dapat terjadi cedera ringan maupun cidera serius. Sikap lilin adalah sikap atau gerakan yang dilakukan diatas matras dengan posisi badan menempel pada matras sedangkan pinggul hingga kaki tegak lurus ke atas dan tangan kita dapat menahan pinggang kita dan ditahan dan jika ingin menurunkan kaki dilakukan dengan perlahan agar tidak cedera jika pada saat menurunkan kaki secara cepat atau asal. 

Mungkin gerakan sikap lilin sangat simple atau mudah namun sikap lilin mempunyai banyak manfaat loh! Manfaat sikap lilin adalah meringankan kram perut akibat menstruasi, meringankan otot leher dan punggung atas, meringankan konstipasi, gangguan pencernaan, dan asma, dan tentunya juga dapat mengencangkan otot perut dan kaki, sikap lilin juga dapat melancarkan sirkulasi darah ke tubuh bagian atas termasuk otak, karena posisi kepala lebih rendah daripada kaki maka darah akan mengalir ke bagian kepala yang berarti ada banyak oksigen didalam otak, sikap lilin juga dapat membangun kekuatan otot dan kelenturan badan, sehingga yang mempunyai masalah pada leher, bahu, punggung sangat disarankan melakukan sikap lilin karena dapat meringankan masalah tersebut. Sikap lilin juga bisa membantu kamu yang pencernaannya kurang lancer, loh, karena menurut para ahli dengan sikap lilin dapat membantu merangsang usus untuk melakukan pergerakan untuk mengolah sisa makanan. Dan masih banyak lagi manfaat dari sikap lilin ini.

Nah mungkin dari kalian masih ada yang bingung nih cara sikap lilin yang benar tuh seperti apa sih? 
Jadi, Langkah-langkah untuk mendapatkan sikap lilin yang benar adalah:

  1. Ambil posisi tiduran terlentang dan tangan disamping badan, diusahakan badan dialasi dengan matras. 
  2. Kaki dirapatkan dan secara perlahan diangkat ke atas beserta pinggul dan punggungl. Kemudian yang terakhir, luruskan kaki keatas dengan lurus dan tangan kita boleh membantu menopang dengan memegang punggung kita agar kaki tidak jatuh. 


Namun jika kalian tidak berani melakukannya itu sendiri kalian bisa melakukan dengan bantuan teman atau keluarga atau bisa juga dengan mengangkat kaki ke tembok. Sebenarnya, sikap lilin ini adalah gerakan yang menyerupai lilin yang sedang berdiri, untuk mengetahui apakah kamu sudah melakukan sikap lilin ini dengan benar kamu dapat meminta orang sekitar mu untuk melihat sikap lilin mu atau dengan melakukannya depan cermin.