6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Masih Pemula? Senam Aerobik Bisa Jadi Pilihan!

Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang sudah sangat umum dikenal oleh semua orang. Senam aerobik sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai olahraga, selain gerakannya yang cukup mudah, olahraga ini juga cukup membakar kalori didalam tubuh. Senam aerobik untuk pemula sangat mudah loh untuk dilakukan, kapan saja dan dimana saja! Yuk, kita simak langkah-langkah memulai gerakan senam aerobik untuk pemula seperti apa.

1. Pemanasan

Langkah ini merupakan tahap terpenting, pemanasan sebelum aerobik membuat tubuh menjadi lebih rileks dalam berolahraga sehingga akan mengurangi resiko terjadinya cedera otot. Selain itu, pemanasan juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan menaikkan denyut jantung. Contoh gerakan pemanasan aerobik yang sangat mudah dilakukan adalah dengan melakukan jalan ditempat, melangkah dari sisi kiri ke sisi kanan, menggerakan otot tangan, lengan, pinggang hingga kaki, lakukan kurang lebih selama 5-10 menit, setelah itu kamu akan siap memasuki tahap selanjutnya. Berikut contoh video yang bisa diakses untuk gerakan pemanasan senam aerobik untuk pemula https://www.youtube.com/watch?v=0S1g03VT7kc oleh Fesya Sahara. 

2. Gerakan Inti 

Memasuki gerakan inti, biasanya gerakan ini akan memakan waktu sekitar 25-40 menit. Berikut ini adalah contoh gerakan senam aerobik untuk pemula https://www.youtube.com/watch?v=FZNInG7_Q3E oleh Fesya Sahara. Gerakan yang biasanya menjadi bagian dari gerakan inti aerobik adalah gerakan marching, jogging, kicking, double step, leg curl, dan heel touch. 

3. Pendinginan 

Setelah melalukan kegiatan inti yang cukup membakar energi, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan gerakan pendinginan. Tujuan dari melakukan gerakan pendinginan adalah untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung kembali normal setelah melakukan gerakan inti yang cukup memacu kerja jantung, selain itu pendinginan juga berfungsi untuk mengembalikan otot pada kondisi normal. Gerakan pendinginan memakan waktu kurang lebih 10 menit sama hal nya seperti pemanasan. Berikut ini adalah contoh dari gerakan pendinginan yang bisa dilakukan https://www.youtube.com/watch?v=kOZGFJjcAoM yang diunggah oleh Teguh Prasetyo. 

Selesai sudah rangkaian dari olahraga aerobik, sangat mudah bukan? Apalagi olahraga ini tidak membutuhkan banyak alat, sangat mudah dan sangat asyik jika dipadukan dengan musik yang membangkitkan suasana. Senam aerobik untuk pemula ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang bingung bagaimana memulai olahraga! Yuk, kita coba gerakan senam aerobik untuk pemula ini, jangan dibaca aja, langsung praktikkan yah!