6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Senam Aerobik sama Senam Irama, sama ga sih?

Pasti udah gak asing kan sama istilah senam untuk berolahraga? Ada berbagai macam senam yang sering kita dengar, salah satunya adalah senam aerobic dan senam irama. Kedua senam ini sebenarnya sama-sama menggunakan lagu sebagai penuntun gerakannya selama berolarhaga, namun, apakah sebenarnya kedua senam ini adalah hal yang berbeda? Mari kita bahas! 

Senam irama adalah serangkaian Gerakan yang dipilih mengikuti irama alunan musik yang dipilih untuk menghasilkan Gerakan yang ritmis dan berlanjut pada durasi tertentu. Senam irama dapat dilakukan secara individu dan berkelompok. Senam irama dapat meningkatkan konsentrasi kita juga, loh! Gereakan senam irama merupakan perpaduan dari gerakan tara dan balet yang terdiri dari pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan. Ada pula jenis jenis senam irama, yaitu, senam irama dengan tali, senam irama dengan simpai, senam irama dengan bola, senam irama dengan tongkat, dan yang terakhir senam irama dengan pita. Gerakan senam irama ada berbagai macam yaitu, Langkah biasa, Langkah rapat, Langkah keseimbangan, Langkah depan, Langkah silang, Langkah samping, dan masih banyak lagi. 

Senam aerobic adalah senam yang dapat membuat kita melakukan kegiatan fisik yang ritmis karena mengikuti irama lagu. Senam aerobic juga dapat melatih otot dalam tubuh, jantung, paru paru, dan juga predaran darah, loh! Nah, jenis jenis dari senam aerobic ada banyak loh, yaitu, high impact aerobic, low impact aerobic, discorobic, rockrobic, dan Aerobicsport. Dengan melakukan senam aerobic secara teratur juga bisa membakar kalori juga loh sehingga senam ini juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan, namun ingat juga untuk menjaga pola makan ya untuk tetap menjaga berat badan tetap ideal. Nah, gimana sih mulai senam aerobic itu? Langkah pertama itu sudah pasti melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot tubuh kita tidak kaget saat melakukan senam, kemudian gerakan yang dapat dilakukan untuk senam aerobic adalah yang pertama, marching. Gerakan kedua adalah jogging, gerakan ketiga adalah kicking, gerakan keempat adalah double step, gerakan kelima adalah grapevine, gerakan keenam adalah leg curl, dan gerakan terakhir adalah heel touch. Kemudian diakhiri dengan melakukan pendinginan. Perbedaan yang terlihat dari kedua jenis senam ini adalah senam irama identic dengan gerakan seperti tarian balet atau acrobat sedangkan gerakan senam aerobic identic dengan gerakan yang cepat dan mampu mengaktifkan otot-otot tubuh

Meskipun gerakan dari kedua senam tersebut berbeda nama, namun sebenarnya kedua jenis senam ini memiliki hal yang sama yaitu sama-sama bergerak dengan mengikuti alunan music. Setiap Gerakan senam diatur sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan gerakan yang indah dan sesuai dengan irama lagu. Kedua senam ini memiliki ciri khasnya yang berbeda namun mereka tetap mementingkan kelenturan tubuh untuk mendapatkan gerakan yang indah. 

Sobat Fit, sudah melakukan senam hari ini? Yuk, Daftar MuFit Sekarang juga!