6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Apa sih yang dimaksud dengan senam lantai?

Udah ga asing lagi kan dengan senam lantai? Tapi sebenernya pengertian senam lantai itu apa sih? Senam lantai kan sama aja kayak senam pada umumnya, seperti gerakan mengikuti irama lagu. Eitss, mungkin terdegar sama karena sama sama senam, namun yang membedakan senam lantai dengan senam yang lainnya adalah senam lantai dilakukan dilantai dan biasanya mereka memerlukan matras untuk dijadiakan sebagai alas agar badan kita tidak terkena langsung dengan lantai yang keras dan dapat membuat badan kita menjadi sakit dan mengurangi resiko cedera. Memangnya kenapa harus dialasi matras? Matras adalah hal yang penting digunakan saat melakukan senam lantai, karena senam lantai melakukan gerakan seperti berguling, sikap lilin, kayang, dll. Maka dari itu kita memerlukan matras yang empuk untuk dijadikan sebagai alas senam lantai. 

Nah, senam lantai ada 2 jenis loh! Senam lantai dapat terbagi menjadi 2 jenis yaitu senam lantai dengan alat, dan senam lantai tanpa alat. Maksudnya gimana sih senam lantai dengan alat dengan senam lantai tanpa alat? Jadi senam lantai tanpa alat itu adalah senam yang tidak memerlukan alat bantu atau alat tambahan seperti balok, tiang, dll. Senam tanpa alat adalah senam yang gerakannya dilakukan diatas matras tanpa adanya alat bantu tambahan. Contoh gerakan senam lantai tanpa alat adalah seperti kayang, sikap lilin, roll depan,dll. Nah, sedangkan senam lantai dengan alat adalah senam yang membutuhkan alat tambahan seprti balok, tiang, dll. Contoh gerakan senam lantai dengan alat adalah seperti lompat harimau, lompat jongkok, dll. 

Manfaat senam lantai tuh ada apa aja sih? Tentunya manfaat senam tidak jauh jauh dari melatih kelincahan diri karena gerakannya yang mengharuskan kita lincah karena gerakan yang ada didalam senam membutuhkan kelincahan untuk menghasilkan gerakan yang sempurna, tapi manfaat lainnya juga ada loh. Manfaat lain dari senam lantai adalah memperkuat otot kaki, lengan, paha, pinggang, perut, dan dada. Senam lantai juga memiliki manfaat untuk melatih keseimbangan tubuh kita, membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan kekuatan jantung dan melancarkan aliran darah kita, dan senam lantai juga dapat membantu mereka yang memiliki badan yang bungkuk untuk membuat badan mereka menjadi tidak bungkuk lagi, namun untuk mendapatkan hal ini kita harus rajin melakukan senam lantai dan melakukan gerakannya secara benar dan tepat.