6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Sejarah Senam Ritmik yang Manfaatnya Bisa Melatih Ketangkasan Kamu!

Senam ritmik atau senam irama adalah salah satu macam yang gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, dan kelincahan tubuh kita. Gerakan yang terdapat pada senam ritmik ini adalah gerakan yang mengikuti irama iringan musik dan gerakan senam ritmik ini merupakan perpaduan gerakan dari balet.

Senam ritmik berawal dari tiga tokoh yaitu Jean-Georges-Noverre pada tahun 1727-1810, Francois Delsarte pada tahun 1811-1871, dan Rudolf Bode pada tahun 1881-1970 ketiga tokoh itu memiliki kepercayaan pentingnya mimik muka atau ekspresi pada suatu gerakan tubuh yang dapat menciptakan keindahan pada gerakan tersebut. Kemudian, seiring berkembangnya jaman, gerakan senam ritmik juga mulai berkembang, pada abad ke-19 terdapat sistem Latihan yang bernama swedia system yang dipopulerkan oleh Peter Henry Ling. Swedia system ini mempopulerkan gymnastic estetis. Gymnastic estetis merupakan suatu gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang atlet yang juga diimbangi dengan ekspresi diri, emosi, dan perasaan. 

Pada 1929 Hinrich Medau menciptakan suatu gerakan gymnastik yang modern, yaitu gerakan senam artistik yang menggunakan alat tambahan seperti bola, tali, pita, dll. Kompetisi pertama senam ritmik dilakukan pada tahun 1940 di Rusia, kemudian pada tahun 1961 yang diselenggarakan oleh FIG senam irama dimasukkan ke cabang senam.
Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis. Wah seru banget ya ternyata perjalanan senam ritmik! Di Mufit kamu juga bisa banget loh buat melakukan olahraga senam ritmik dengan berbagai kelas salah satunya adalah Zumba! Buat kamu yang pecinta senam, gaboleh sampe ketinggalan nih! Yuk, daftar sekarang!