6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Bulking or cutting? manakah yang lebih baik

Bagi yang gemar fitness pasti sudah tidak asing lagi dengan bulking dan cutting. Bulking dan cutting merupakan teknik dalam body building untuk menaikan atau menurunkan berat badan dengan cara yang berbeda namun tujuan tetap  sama yaitu untuk mendapatkan bentuk otot tubuh yang lebih ideal demi kesehatan.

Yuk cari tau lebih dalam mengenai bulking and cutting! mana yang lebih baik untuk kesehatan?

Bulking dalam dunia fitness diartikan sebagai penambahan massa otot. Bulking cocok bagi seseorang yang ingin membentuk tubuh namun belum memiliki berat badan ideal, dan harus diiringi dengan penambahan massa otot yang seimbang. Bulking juga dilakukan dengan menambah intake kalori untuk menaikan berat badan. Menaikan berat yang di maksud tidak sembarangan karna nantinya malah menambah timbunan lemak tubuh. Untuk menambah berat badan yang baik bagi proses bulking, disarankan mengurangi asupan lemak dan meningkatkan asupan protein. Makanan dengan protein tinggi seperti telur, susu, almond, dan dada ayam mengandung asam amino yang berguna untuk pembentukan protein otot. Jika kamu akan melakukan bulking pastikan menjaga asupan makanan dengan benar, jangan sampai program bulking gagal karna penambahan berat badan yang disertai naiknya lemak tubuh.

Cutting dapat diartikan sebagai pengeringan / pengencangan massa otot, atau menghilangkan lemak tubuh sambil mempertahankan massa otot. Cutting dilakukan oleh seseorang yang memliki berat badan melebihi normal, ingin menurunkan berat badan serta menghilangkan lemak tubuh untuk membentuk otot. Pengurangan lemak tubuh dilakukan dengan pembakaran melalui latihan. Biasanya melakukan angkat beban sedang pada otot yang masih ditutupi lemak. Selain itu ditambah dengan latihan kardio untuk membantu pembakaran kalori.

Berikut lebih jelasnya mengenai perbedaan bulking dan cutting.

Bulking Cutting
Merangsang kenaikan berat badan yang terkontrol untuk meningkatkan pembentukan massa otot Merangsang pengurangan lemak tubuh dan pemeliharaan otot
Bisa menyebabkan penambahan lemak Meningkatkan penampilan otot
Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan tinggi kalori Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori
Dilakukan jika lemak tubuh ≤10% Dilakukan jika lemak tubuh diatas 15%


Bulking maupun cutting bisa dilakukan tergantung pada kondisi tubuh saat ini. Jika kamu ingin membentuk otot dengan cepat disarankan untuk melakukan bulking. Namun jika kamu ingin mengurangi lemak tubuh disarankan untuk melakukan cutting.

Pada dasarnya, baik bulking maupun cutting sama sama bertujuan untuk membentuk tubuh yang lebih ideal. Keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing

Butuh personal trainer untuk mendampingi kamu dalam menjalankan workout? Yuk cari personal trainer mu di Mufit.