6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Mental sehat, Mindset sehat! Yuk pelajari lebih lengkap!

Berpikir positif atau memiliki mindset yang sehat sangat membantu manajemen stres dan dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh termasuk kesehatan mental. Setiap hal yang kita pikirkan dan dipercayai oleh diri sendiri, tentu dapat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Pola pikir negatif dapat berdampak terhadap ketahanan mental ketika menghadapi permasalahan.

Sebenarnya, kita membutuhkan pola pikir yang terbuka supaya bisa menghadapi permasalahan sebagai tantangan yang harus dihadapi dan dilalui. Sehingga, mental kita pun dapat tangguh ketika menghadapi permasalahan. 

Memiliki mindset yang lebih positif bermanfaat bagi kesehatan mental juga dapat mengurangi risiko depresi, stres, kecemasan, dan menjadi lebih bahagia dengan berfokus pada hal-hal positif.  Selain itu, dengan intervensi mindset yang sehat dapat meningkatkan fungsi akademik, sosial, dan psikologis. Mindset berfungsi sebagai kerangka internal untuk memahami, mengatasi, dan menanggapi kesulitan. 

Misalnya, seseorang yang memiliki mindset seperti keyakinan bahwa mereka tidak lebih pintar, pemalu, atau kurang terampil secara sosial, terlepas dari upaya pribadi mungkin merasa tidak mampu mengendalikan peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, dan dengan demikian lebih rentan terhadap kecemasan, depresi, atau agresi. Akibatnya, dengan mindset tersebut kurang dapat mengatasi stres dan masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu.

Berikut beberapa upaya untuk menjaga kesehatan mental, yang tentunya datang dari mindset masing-masing:

  1. Berfokus pada masa sekarang dan masa depan
  2. Percaya diri terhadap kemampuan sendiri
  3. Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki
  4. Jangan mudah terbawa emosi
  5. Selalu bersikap optimis
  6. Jangan takut gagal

Menerapkan sikap optimis, tidak hanya membuat kita lebih mudah dalam menjalani hidup, tetapi juga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Jadi, mari kita upayakan kesehatan mental kita dengan selalu berfikir positif ya!

Yuk konsultasikan masalah mental kamu dengan nutritionist profesional dari Mufit, banyak hal yang bisa kamu konsultasikan lho!