6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Buat para HRD, ini loh cara paling efektif untuk merancang corporate wellness program!

Menjaga karyawan agar tetap bugar dan bahagia adalah langkah awal untuk mendapatkan produktivitas kerja yang tinggi. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi perusahaan untuk menciptakan suatu upaya yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Corporate wellness program adalah jawabannya!

Dengan Corporate Wellness Program diharapkan bisa membantu perusahaan untuk menurunkan risiko kesehatan karyawan, meningkatkan produktivitas karyawan, mengurangi biaya kesehatan karyawan, dan menjadikan pola hidup sehat sebagai budaya perusahaan. Bagaimana mewujudkan corporate wellness program itu? Simak penjelasannya ya!

1. Membentuk Wellness committee
Langkah awal untuk merancang Corporate Wellness Program yaitu membentuk Wellness committee yang mencakup staf manajemen, HRD, maupun perwakilan karyawan. Tujuannya untuk menyusun rencana kerja, dan mendiskusikan keperluan dari Corporate Wellness Program.

2. Corporate assessment 
Melakukan analisis terhadap kondisi perusahaan untuk mengenal minat dan ketertarikan karyawan mengenai berbagai aspek kesehatan. Tahap ini merupakan terpenting karena menentukan kebutuhan dari wellness program yang akan dijalankan supaya tepat sasaran. Perusahaan harus mempertimbangkan opsi yang paling hemat biaya dan paling bermanfaat bagi karyawannya.

3. Implementation
Tahapan ini dilakukan setelah mengetahui kebutuhan dan menentukan kegiatan apa yang cocok diterapkan bagi karyawan. Banyak macam wellness program yang bisa dilakukan seperti gym center, jadwal kelas olahraga bersama, pemeriksaan kesehatan rutin, memberikan penghargaan dan insentif kesehatan, seminar atau edukasi kesehatan, hingga program berhenti merokok. 

4. Evaluasi
Mengukur tingkat keberhasilan program dari sisi karyawan maupun perusahaan, meliputi; tingkat partisipasi karwayan, produktivitas kerja, perubahan faktor resiko kesehatan, dan perubahan gaya hidup sehat. 

Nah itu dia beberapa cara yang efektif untuk merancang corporate wellness program. Yang terpenting program yang dilaksanakan harus selaras dengan tujuan perusahaan dan sesuai dengan kebutuhan karyawan guna menciptakan lingkungan kerja dan fisik yang lebih sehat. 
Sudahkah ada wellness program di perusahaanmu?

Ingin tau lebih banyak mengenai program wellness untuk perusahaanmu? Atau pengen tanya-tanya seputar info kesehatan?