6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Mengapa "Mental Health" di Lingkungan Kerja Sangat Penting?

Maraknya kejadian stress kerja, kelelahan, hingga bullying di tempat kerja menunjukan bahwa lingkungan kerja tersebut tidak sehat dan berdampak pada menurunnya kesejahteraan fisik dan mental karyawannya. Padahal seharusnya tempat kerja menjadi tempat dimana seharusnya seseorang mendapat keuntungan finansial, tujuan hidup, dan menambah kesejahteraan fisik dan mental karyawan. Bekerja di lingkungan yang negaitf dapat menimbulkan efek sebaliknya dan berdampak buruk pada mental health.

Sama seperti pekerjaan yang dapat mempengaruhi mental health, mental health juga dapat mempengaruhi pekerjaan, yang berdampak pada kinerja dan produktivitas kerja. Menjaga mental health di tempat kerja bukan hanya tentang mengatasi masalah mental health yang bersifat langsung. Meskipun saat ini tidak sedang menghadapi tantangan mental health, namum mengambil langkah untuk menjaga mental health dapat membantu karyawan membangun ketahanan, meningkatkan kinjerja, dan mampu mengatasi ketidakpastian dan tantangan di masa depan dengan lebih baik.

Orang dengan kondisi mental health yang buruk lebih besar kemungkinannya untuk dikucilkan dari pekerjaan, dan mengalami ketidaksetaraan di tempat kerja. Pengangguran juga menimbulkan risiko terhadap kesehatan mental. Pengangguran, ketidakamanan karyawan dan finansial, serta kehilangan pekerjaan baru-baru ini merupakan faktor risiko upaya bunuh diri.

Tindakan untuk mengatasi kesehatan mental di tempat kerja harus dilakukan dengan keterlibatan pengusaha, organisasi yang mewakili pekerja, serta pemangku kepentingan lainnya yang bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan karyawan. Seperti melakukan pelatihan bagi karyawan tentang pengetahuan kesadaran kesehatan mental, dan keterampilan mengelola stress dan mengurangi kesehatan mental.

Nikmati layanan dari MUFIT yaitu konsultasi dengan psikolog secara online dan offline untuk meningkatkan mental health karyawan di lingkungan kerja, agar terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan lebih produktif.