6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

10 program wellness yang wajib untuk diterapkan diperusahaan

Program wellness tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga meningkatkan moral dan retensi karyawan, serta mengurangi risiko kesehatan. Ada banyak cara bagi perusahaan untuk menerapkan program wellness bagi karyawan mereka. Adanya program wellness di tempat kerja akan memperkaya budaya perusahaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu tanda perusahaan terbaik adalah kualitas program wellness yang dimilikinya. Besar atau kecil, semua perusahaan dapat memperoleh manfaat dari bentuk inisiatif program wellness yang ada. Berikut ini ada 10 contoh program wellness yang bagus untuk diterapkan diperusahaan:

1. Fitness Center
Bagi karyawan, memiliki fitness center di tempat kerja memudahkan untuk berolahraga setiap hari, serta merasa lebih sehat secara mental dan fisik. Sehingga karyawan cenderung melakukan aktivitas fisik secara rutin yang bisa dilakukan sebelum jam kerja, setelah jam kerja, bahkan disela-sela jam kerja tetap bisa melakukan olahraga.

2. Program berhenti merokok
Beberapa perusahaan telah menemukan cara untuk program berhenti merokok. Memberi pelatihan khusus atau konseling, hingga pemeriksaan dengan dokter dapat membantu memberikan sugesti untuk berhenti merokok serta memberi terapi pengganti rokok.

3. Transportasi alternatif
Seperti menyediakan sepeda umum atau lahan parkir sepeda hingga insentif angkutan umum, mendorong karyawan untuk menggunakan transportasi umum atau bersepeda yang bermanfaat bagi lingkungan dan kesehatan mereka. Selain itu program ini mendorong karyawan untuk lebih berhemat dan berkontribusi pada lingkungan.

4. Pemeriksaan kesehatan
Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan karyawan selama bekerja yang bisa mempengaruhi kinerjanya. Pemeriksaan kesehatan juga bertujuan untuk mencegah penyakit serta menjamin kesehatan karwayan selama bekerja. 

5. Kelas Yoga
Yoga dan meditasi adalah pereda stres yang sangat efektif. Gerakan-gerakan dalam yoga mampu menghasilkan energi yang bisa melepas penat dan membuat badan serta pikiran menjadi lebih rileks. Yoga juga bisa membantu lebih fokus dan lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

6. Makan siang dan snack sehat
Program makanan sehat akan menarik bagi karyawan karena ini merupakan kebutuhan penting bagi semua orang. Dengan menyediakan katering sehat, karyawan dapat memenuhi asupan makanan dengan baik dan menciptakan pola makan yang sehat. 

7. Employee assistance
Program ini dikhususkan untuk membantu karyawan menyelesaikan permasalahan yang bisa mempengaruhi kualitas hidup dan kinerjanya. Seperti permasalahan yang bisa menganggu mental karyawan, dapat ditangani dengan konseling atau bantuan psikolog. Selain itu bantuan yang bisa diberikan dapat berupa bantuan kesehatan atau dana pendidikan, dan lain-lain.

8. Tidur siang
Tidur siang ternyata dapat menghilangkan lelah dan membuat mood menjadi lebih baik loh. Program tidur siang memiliki manfaat dalam hal produktivitas juga. Dengan memberi karyawan waktu ekstra untuk istirahat atau sekedar berjalan-jalan guna mendapat energi baru dapat meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas.

9. Wellness challenges
Mengadakan wellness challenges di tempat kerja efektif dalam mempromosikan gaya hidup sehat sekaligus mengapresiasi yang berhasil melakukan challenges dengan tepat. Challenges yang bisa dilakukan seperti challenge untuk tidak merokok selama jam kantor, konsumsi healthy snack, hingga challenge olahraga lainnya. Yang terpenting adalah semua kegiatan bertujuan membiasakan pola hidup lebih sehat.

10. Fun Outing
Kegiatan yang menyenangkan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk berekreasi atau sekedar outing. Sebagai momen untuk bersenang-senang dan menyegarkan pikiran selama bekerja membuat karyawan lebih fresh untuk mendapat ide-ide baru dalam bekerja. Seperti melakukan hiking, atau mengadakan workout class, hingga melakukan berbagai permainan olahraga seperti sepakbola atau badminton bersama.

Ingin mengetahui program wellness yang cocok untuk dilakukan di perusahaanmu? Hubungi kami sekarang!