6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Berapa Rata Rata Kebutuhan Kalori Seseorang dalam Sehari?

Dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari, pastinya kita membutuhkan asupan bahan bakar yang cukup, nah bahan bakar yang kita dapatkan sehari-harinya semuanya berasal dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari sering kali dianggap remeh dan dianggap asal oleh kebanyakan orang, tidak memperhatikan jenis asupan makanan, tidak memperhatikan jumlahnya, dan juga tidak memperhatikan kalorinya. Padahal, peranan kalori dalam penentuan jumlah bahan bakar yang tubuh kita butuhkan, itu sangat berperan penting loh! Jangan sampai, kita teralu sedikit mengisi bahan bakar, dan juga jangan sampai teralu banyak, karena pastinya semua itu akan berdampak pada kondisi tubuhmu nanti. 

Nah, pertanyaan selanjutnya, berapakah kebutuhan kalori yang sebenarnya dianjurkan untuk dikonsumsi dalam sehari? 

Berdasarkan teori Harris Benedict, perhitungan kebutuhan kalori harus menentukan beberapa aspek:

  1. Body Metabolic Rate (Angka Metabolisme Basal), yaitu jumlah kalori minimal yang dibutuhkan tubuh hanya untuk menjalankan fungsi organ vital tubuh seperti jantung, pencernaan, pernafasan, dan gerakan syaraf lainnya yang tidak disadari membutuhkan asupan kalori juga. 
  2. Faktor Aktifitas, semakin tinggi nya faktor aktifitas seseorang akan membuat kebutuhan kalori yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi. 
  3. Berat badan dan tinggi badan, tentunya kedua hal ini menentukan komposisi dan parameter bentuk tubuh, yang pastinya akan membedakan pula kebutuhan kalorinya
  4. Usia, semakin bertambahnya usia, pastinya akan semakin sedikit kalori yang dibutuhkan
  5. Jenis kelamin, dimana jenis kelamin pria memiliki kebutuhan kalori yang biasanya lebih tinggi daripada wanita. 

Untuk kebutuhan kalori rata-rata harian pada kasus orang normal, biasanya membutuhkan setidaknya 1700-2500 kalori per harinya. Bagi wanita normal, dengan anggapan berat badan 50 kg dan tinggi badan 160 kg, biasanya membutuhkan kalori sekitar 1900-2100 kalori sedangkan untuk pria yang memiliki berat badan 60 kg dengan tinggi badan 170 kg, biasanya membutuhkan kebutuhan kalori sekitar 2000-2200 kalori dengan asumsi melakukan pekerjaan ringan hingga sedang dan tidak dalam kondisi menurunkan berat badan. 

Bagaimana dengan kebutuhan kalori tubuh mu? Masih bingung untuk menghitung? Daripada kamu bingung, mendingan langsung aja hubungi tim Mufit Indonesia untuk bisa mendapatkan program dan penawaran terbaik untuk program nutritionist dari MuFit Indonesia agar kamu tau nih berapa sih kebutuhan kalorimu per harinya.