6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Pentingnya Tidur yang Cukup Agar Sel Lebih Muda dan Tidak Mudah Sakit

Satu per tiga dari kehidupan kita dihabiskan untuk tidur. Tidur memiliki peran yang sama pentingnya seperti makan, minum dan bernafas. Dengan tidur, tubuh dapat merecovery dirinya baik secara fisik maupun secara mental. Namun, sayangnya tidak semua orang menyadari akan pentingnya waktu untuk tidur terutama dikalangan usia remaja-dewasa yang disibukan dengan banyak aktifitas dan kegiatan. Dilihat dari sisi durasi, waktu tidur yang dianjurkan untuk dewasa adalah minimal 7 jam per hari dan untuk remaja dibutuhkan sekitar 8-10 jam per harinya. 

Namun, survey dari honestdocs.id menemukan bahwa, lebih dari 2/3 masyarakat dewasa Indonesia memiliki waktu tidur yang kurang dari 8 jam per hari sedangkan untuk kalangan remaja, 69% remaja mengaku mengalami kurang tidur setiap harinya. Ditemui bahwa alasan kurangnya jam tidur ini disebabkan karena padatnya aktifitas yang dilakukan sehari-harinya, tingginya jam belajar, atau hanya menghabiskan waktu untuk sekedar menjalankan kegiatan untuk menghibur diri. Hal ini tentu tidak baik jika dilakukan secara terus menerus, dibutuhkan pengaturan pola tidur yang baik mengingat peran tidur yang sangat penting. 

Yuk, simak tips-tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan pengaturan tidur yang maksimal :

  1. Mulailah tidur di jam yang sama setiap harinya 
    Tentukan pukul berapa kamu ingin bangun keesokan harinya, lalu tentukan waktu tidurmu dengan durasi tidur yang sudah dianjurkan. Usahakan pada pukul tersebut, kamu sudah berada dalam kondisi siap untuk tidur dan lakukan ini setiap hari untuk membangun kebiasaan tidur yang baik. 
  2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman
    Tubuh membutuhkan suasana yang tenang untuk beristirahat. Pastikan ruangan tidurmu tidak teralu banyak gangguan dan hindari screen time berlebihan sebelum kamu beristirahat agar tidur yang kamu dapatkan menjadi lebih optimal. 
  3. Bergerak aktif selama menjalani hari mu
    Dengan sering bergerak aktif, tubuh mu akan lebih mudah merasa lelah dimalam hari. Bergerak aktif bisa dibantu dengan berolahraga juga, lho! Olahraga dapat mengaktifkan hormon melatonin yang kita butuhkan untuk tidur. 
  4. Cobalah untuk bermeditasi dan mengatur nafas sebelum tidur
    Cara ini cukup efektif untuk membantu pengaturan tidurmu. Dengan bermeditasi dan memfokuskan pikiran, menjadikan tubuh menjadi lebih tenang dan relaks, sehingga mampu menciptakan situasi yang nyaman untuk terlelap. 

Dengan tidur yang cukup, tubuh akan mampu meregenerasi sel tubuhnya dengan baik. Dalam menghadapi pandemi seperti ini, jangan sampai tubuh jadi gampang sakit karena kamu tidak tidur dengan teratur, ya! Yuk, jaga kesehatan dengan tidur teratur. #StaySafe