6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Coba Gerakan ini setelah santap sahur! Biar puasa kamu makin lancar

Santap sahur  merupakan rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan jika hendak berpuasa. Sahur bertujuan untuk mempersiapkan diri agar kuat menahan lapar sepanjang hari dan memaksimalkan puasa. Namun, ada kalanya kita merasa mengantuk setelah santap sahur dan langsung kembali tidur. Padahal, tidur setelah santap sahur ternyata berbahaya loh. Tidur langsung setelah sahur  dapat memicu GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) karena makanan yang belum tercerna di lambung naik ke kerongkongan akibat posisi tubuh tidur yang terlentang. Untuk itu sebaiknya kita menunggu setidaknya 2-3 jam sebelum tidur sampai makanan tuntas dicerna tubuh. 

Makanya, lebih baik jika kita melakukan beberapa gerakan olahraga ringan setelah sahur seperti yoga. Gerakan-gerakan sederhana pada yoga dapat membantu meringankan gejala puasa seperti melancarkan sembelit dan mudah merasa lelah. Dijamin puasa kamu akan makin lancar!

1. Child Pose


Dari posisi berlutut, jari kaki dan lutut menyatu dengan berat tubuh bertumpu pada tumit. Lengan dipanjangkan disamping kaki. Dahi menempel pada lantai dan tatapan ke bawah. Gerakan ini dapat menenangkan otak dan membantu menghilangkan stress, kelelahan serta meredakan sakit punggung dan leher.

2. Half Moon Pose


Posisi berdiri satu kaki lurus dan yang lain dijulurkan sejajar dengan lantai. Tubuh bagian atas diputar terbuka ke atas. Kedua pinggul diputar secara eksternal. Pergelangan kaki bagian dalam dari kaki yang berdiri diangkat dengan kuat ke atas, seolah-olah menarik energi dari bumi. Bermanfaat untuk memperkuat perut, pergelangan kaki, dan tulang belakang, meningkatkan koordinasi dan rasa keseimbangan, dan meningkatkan pencernaan.

3. Cobra Pose

Mulailah dengan telungkup dengan kaki terentang di belakang, selebar pinggul dan bagian atas kaki beristirahat. Tekan ke bawah melalui bagian atas kaki dan angkat kepala dan dada dari lantai. Dapat membantu meredakan perut kembung, relaxasi tubuh, dan melancarkan metabolisme. 

4. Boat Pose


Dari posisi duduk kaki diangkat ke atas sehingga paha miring sekitar 45-50 derajat. Memperkuat perut, fleksor pinggul, dan tulang belakang. Merangsang ginjal, kelenjar tiroid dan prostat, dan usus. Membantu menghilangkan stress dan meningkatkan pencernaan.