6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Penggemar Makanan Khas Betawi, Harus Banget Tau Sama Informasi ini!

Siapa disini yang tidak suka dengan hidangan khas Betawi? Makanan khas Betawi terkenal dengan makanannya yang gurih dan lezat, selalu bisa menghibur mulut para pecinta makanan Betawi. Seperti yang kita tau, beberapa makanan Betawi yang sudah diragukan lagi kelezatannya adalah sebagai berikut:

1. Soto Betawi
Soto Betawi yang menyajikan potongan daging dengan siraman kuah santan nan gurih, selalu memiliki tempat di hati para pecinta nya. Dalam 1 porsi soto Betawi, terdapat sekitar 360 kcal per saji. Namun, sayangnya makanan soto Betawi ini tidak baik apabila dikonsumsi teralu sering. Penggunaan santan kental dan daging sapi akan memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan kita seperti peningkatan angka trigliserida, kolesterol hingga angka lemak LDL. Sebaiknya konsumsi soto Betawi bisa dibuat lebih bijaksana agar tidak teralu berlebihan. 

2. Semur jengkol
Semur jengkol jelas tidak diragukan juga nih, pecinta jengkol, selalu menantikan hal ini. 1 porsi jengkol per 100 gram memiliki setidaknya 200 kcal dan diketahui jengkol memiliki segudang gizi yang sangat baik dari protein, mineral sampai vitamin C juga terkandung, loh didalam porsian jengkol. Namun, semur jengkol biasanya memasak menggunakan teralu banyak kecap dan minyak, diharapkan juga untuk bisa membatasi asupan semur jengkol jangan sampai teralu berlebihan. 

3. Asinan Betawi
Asinan ini sangat menggoda apabila kita sedang lagi menginginkan makan yang asam dan segar! Asinan Betawi ini dibuat dari campuran sayur-sayuran dan protein seperti tahu, biasanya dilengkapi juga dengan mie dan disiram dengan saus kacang cuka pedas. Tentunya sajian ini sangat lengkap ya, jika dilihat dari komposisinya, mengandung zat gizi makro dan mikro yang cukup seimbang. Namun, penggunaan cuka pedas disini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, apabila individu memiliki Riwayat penyakit seperti maag atau tukak lambung, atau sedang dalam masa recovery pasca operasi, jelas makanan ini tidak direkomendasikan. Per sajian asinan Betawi setidaknya memiliki 130 kcal per saji. 

4. Gado-gado
Wah, cocok banget rasanya kalo makan siang kita ditemani dengan gado-gado! Siapa yang ga suka dengan rasanya? Sajian ini tergolong cukup sehat dan cukup digemari, mengingat kandungan sayur dan proteinnya cukup lengkap juga dalam satu sajian, bisa di sajikan dengan nasi/lontong untuk melengkapi karbohidratnya. Sajian ini setidaknya memiliki sekitar 200-300 kcal per sajian. Tapi, ada yang perlu diperhatikan nih, gado-gado dibuat dari saus kacang yang kacangnya biasanya digoreng terlebih dahulu, membuat saus kacang ini tentunya menjadi tinggi akan lemak jenuh sekaligus lemak baik yang terkandung dalam kacang itu sendiri. Sebagai saran, konsumsilah gado-gado secukupnya dan bisa dibantu untuk perbanyak asupan sayuran daripada makanan-makanan goreng lainnya seperti kerupuk. 

Wah, informatif sekali bukan? Jadi tunggu apalagi, kamu bisa banget mengonsumsi makanan khas Betawi ini dengan lebih mudah dan tanpa khawatir lagi deh, apalagi dengan keberadaan applikasi dari MUFIT kamu bisa langsung menginput makanan kamu hari ini dan bisa di tracking langsung loh! Seru banget bukan? Yuk, cobain aplikasi MUFIT sekarang!

Sumber image: seruni.id