6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Mengapa "Skinny Fat" dianggap berbahaya buat Kesehatan? dan bagaimana cara menanggulanginya?

Pernahkah kamu melihat seorang yang terlihat kurus atau ideal secara fisik, namun memiliki masalah kesehatan tertentu seperti penyakit kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung? Kok bisa sih? Ya, tentu bisa. 

Ternyata penyakit-penyakit tersebut tidak hanya diderita oleh seorang yang gemuk, dan obesitas saja loh. Lemak yang tersembunyi pada seseorang yang terlihat kurus secara fisik atau dikenal dengan nama "Skinny Fat" ternyata bisa berbahaya. Skinny fat merujuk pada seseorang yang memiliki penampilan fisik yang kurus atau langsing, tetapi memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi dan kurangnya massa otot. Keadaan ini bisa menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan.

Ternyata meskipun seseorang memiliki berat badan yang normal, tingginya kadar lemak tubuh, terutama lemak visceral (yang mengelilingi organ dalam), dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular. Skinny fat dapat terjadi karena kombinasi  beberapa faktor yang mempengaruhi komposisi tubuh seseorang. Beberapa penyebab umumnya melibatkan pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan faktor genetik. Konsumsi makanan tinggi lemak dan gula tanpa disertai dengan asupan nutrisi yang cukup dari protein dan serat juga dapat menyebabkan akumulasi lemak tubuh. Selain itu, aktivitas fisik yang tidak mencukupi juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh loh.

Lalu bagaimana cara menanggulangi skinny fat tersebut? Penting untuk diingat bahwa pengukuran berat badan atau indeks massa tubuh (BMI) saja tidak cukup untuk menilai kesehatan seseorang. Komposisi tubuh, termasuk proporsi lemak dan otot, juga perlu diperhitungkan. Untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dianjurkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat yang mencakup pola makan seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres. Namun jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kesehatan atau komposisi tubuh, kamu bisa konsultasikan masalah tersebut dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan solusi.

Ingat ya, tubuh kurus belum tentu sehat, dan badan yang gemuk juga belum tentu bermasalah. Semua itu bisa dinilai memalui pemeriksaan kesehatan secara berkala. Jangan takut untuk selalu berkonsultasi dengan professional kesehatan untuk memantau kondisi tubuh kamu ya sobat fit!