6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Mulailah pola hidup sehat dari sekarang!

Di Indonesia, angka penderita penyakit degenerative seperti jantung, hipertensi, diabetes dan stroke, terus melonjak. Tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, namun semakin kesini, hal ini juga dialami oleh mereka yang masih berusia belia. Pastinya semua orang ingin memiliki hidup yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Namun, tidak sedikit orang yang ingin hidup sehat masih melakukan kelalaian yang dapat membuat tubuh mereka menjadi tidak sehat, mulai dari apa yang mereka konsumsi, waktu istirahat, beban pikiran, dan masih banyak lagi unsur yang dapat membuat tubuh manusia menjadi tidak sehat. Masih banyak juga mereka yang tidak menyadari bahwa pola hidup yang mereka jalani itu tidak sehat dan merasa bahwa dirinya sehat-sehat saja, tiba-tiba penyakit menyerang. Pola hidup yang tidak sehat ini, jika diteruskan, dapat mempermudah penyakit menyerang kita dan dan merusak tubuh kita. Tentunya, efeknya tidak dapat dirasakan dalam waktu yang dekat atau langsung namun bisa dirasakan beberapa tahun kedepan terutama disaat kita sudah memasuki usia lanjut. 

Langkah dasar untuk melakukan pola hidup sehat adalah menjaga pola makan, berolahraga, tidur teratur dan manajemen stress yang baik. Mari kita ulas satu per satu 

1. Pola Makan
Pola makan yang baik adalah pola makan yang teratur dan terjaga porsi makannya. Sesuai dengan kebutuhan dan seimbang sesuai dengan aturan prinsip gizi seimbang. Dimana prinsip gizi seimbang mengarah ke porsi setengah piring kita berisikan sayur dan buah, dan sisanya gabungan karbohidrat kompleks dan protein. 

2. Berolahraga atau aktifitas fisik
Pentingnya berolahraga memiliki dampak yang baik bagi tubuh secara fisik maupun mental, waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga dalam sehari adalah 30 menit atau setara dengan 150 menit per minggunya. 

3. Tidur yang Teratur
Waktu yang dibutuhkan untuk tidur untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam per harinya. Apabila seseorang mengalami kekurangan tidur, akan sangat berdampak pada kesehatannya baik secara mental ataupun secara fisik. 

4. Manajemen stress yang baik
Tidak kalah pentingnya dengan ketiga hal diatas, manajemen stress yang baik juga sangat dibutuhkan untuk mencapai kesehatan yang sempurna. Mulailah dengan manajemen waktu yang baik, menyelesaikan masalah dengan baik serta berlatih untuk meditasi atau Latihan bernafas untuk mendapatkan ketenangan jiwa. 

Itu dia point-point penting untuk memulai hidup sehat dari sekarang! Yuk, kita coba!