6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Masih Jaman Diet yang Nyiksa Tubuh?

“Kata orang, kalo lagi diet itu gaboleh makan nasi, gaboleh makan garem, gaboleh makan daging merah, gaboleh makan ini itu gaboleh begini begitu, waduh… rasanya aturannya banyak banget deh!”

Bagi sebagian orang, diet yang menyiksa adalah jalan ninja yang tepat dan cepat untuk membantu mu menurunkan bobot beban tubuhnya. Sebagian orang mempercayai bahwa semakin menyiksa dan semakin anda berhasil menahan lapar, artinya angka peluang untuk mendapatkan berat badan ideal menjadi lebih cepat. Eits, tidak begitu ya temen-temen!

Diet yang menyiksa tubuh sebenarnya tidak perbolehkan, dilihat dari segi aspek manapun jelas hal ini tidak bisa direkomendasikan dilakukan untuk jangka panjang. Karena hal ini sangat beresiko untuk membuat tubuh seseorang menjadi malnutritsi. Menurut Ahli Gizi di Mufit Indonesia, ada banget loh diet alami yang bisa kamu terapkan tanpa menyiksa tubuh! Mau tau gak ada apa-apa aja yah indikatornya?

1. Makanlah sesuai dengan porsi dan pastikan di waktu yang selalu sama 
Hal ini membuat tubuh kita mengenal jam tubuh kita, sehingga bisa memberikan “signal” kepada otak saat tubuh memang lapar. Pastikan selalu memulai dengan porsi yang kecil menuju ke besar, biasakan dan latih diri kita untuk bisa peka terhadap signal tubuh. 

2. Terapkan pedoman gizi seimbang
Dimana gizi seimbang memiliki anjuran 1/2 piring berisi sayur dan buah. 3/4 sisanya diisi oleh sumber karbohidrat seperti nasi/kentang, dilengkapi dengan paduan protein hewani dan nabati di 1/8 piring sisanya. 

3. Terapkan mindful eating 
Fokuslah kepada isi piringmu dan makanlah sesuai dengan porsi yang diambil. Pastikan kamu bertanggung jawab dengan isi piringmu dan harus dihabiskan untuk mengurangi food waste ya!

4. Eat the important first!
Tahukah kamu, apa yang kamu konsumsi pertama kali saat makan itu membantumu untuk mencapai goal mu, loh! Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan terlebih dahulu, baru mengonsumsi karbohidrat dan protein. Sebaliknya, jika ingin menaikan berat badan, konsumsilah makanan karbohidrat dan protein terlebih dahulu, lalu sayur dan buah di akhir. Hal ini tentunya untuk memaksimalkan penyerapan zat gizi yang dibutuhkan serta mencegah rasa kenyang diawal bagi mereka yang ingin menaikan berat badan, serta membuat kenyang lebih awal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dengan cara seperti ini, diet yang dilakukan terasa lebih nyaman dan tidak menyiksa bukan?

Nah, bagaimana nih tanggapan kamu? Tips diatas bisa banget untuk diterapkan bukan? Masih bingung mau konsumsi apa yang lebih cocok untuk kamu? Langsung booking private consultation with Private Nutritionist di MuFit Indonesia untuk dapatkan best recommendation untuk kebutuhanmu, ya!

Klik disini untuk info lebih lanjut mengenai progam Nutri 101 Mufit Indonesia