6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Mental health terkadang dianggap penyakit yang biasa, yuk cari tau lebih lanjut!

Selain pentingnya menjaga kesehatan fisik, kita juga harus memperhatikan mental health agar tidak memicu stress atau gangguan lainnya. Kondisi ketika kita merasakan gejala-gejala yang menyerang fisik maupun psikis dan berkaitan dengan emosi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ketika mulai merasa cemas berlebihan, ketakutan, sedih berlarut-larut, emosi tidak stabil, hingga berhalusinasi bisa saja kita sedang menghadapi mental illness. 

Hingga kini masyarakat masih kurang kesadaran akan hal itu, dan menganggap hal tersebut adalah hal biasa yang akan hilang dengan sendirinya. Namun ternyata, gejala mental illness tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja dan akan berdampak lebih parah. Mental health sama pentingnya dengan kesehatan fisik karena akan berdampak pada pikiran dan emosional seseorang. Kesehatan mental akan berdampak pada kesehatan fisik dan kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat dapat berkomunikasi dengan baik, mudah bergaul, memiliki pertemanan yang sehat dan lebih mampu memberikan kontribusi yang positif kepada orang-orang di sekitarnya.

Kesadaran terhadap mental health merupakan bentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Setelah lebih sadar akan mental health yang dimiliki, maka penting juga untuk selalu menjaga mental health itu sendiri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mental health diantaranya; selalu berfikir positif dalam setiap situasi, hargai dan sayangi diri sendiri, kembangkan potensi yang dimiliki atau lakukan hobi untuk mengelola stress, menjaga hubungan baik dengan orang sekitar dan mencoba terbuka untuk berbicara atau berkonsultasi dengan orang lain ketika menghadapi kesulitan. 

Berbicara dengan orang lain dapat membantu mengurangi beban masalah dan stress. Masalah yang berlarut cenderung menguras pikiran dan membuat hidup terasa hanya terfokus pada masalah tersebut. Jangan pernah meredam masalah sendiri karena bisa berakibat pada kondisi mental health yang lebih buruk. Setiap orang disarankan berkonsultasi dengan psikolog sedini mungkin ketika merasa memiliki beban masalah yang tidak bisa dikontrol sendiri. Berkonsultasi dengan psikolog membantu mencari solusi permasalahan tersebut dari segi professional sehingga semua permasalahan dapat teratasi dengan baik tanpa berdampak pada kesehatan mental yang lebih buruk.

Yuk konsultasikan masalah mental kamu dengan nutritionist profesional dari Mufit, banyak hal yang bisa kamu konsultasikan lho!