6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Buat kamu pekerja kantoran, Yuk cari tau gimana mencegah Musculoskeletal Conditions!

Nyeri punggung atau Musculoskeletal Conditions biasanya banyak diderita oleh pekerja dan menjadi salah satu penyakit akibat kerja yang menjadi masalah kesehatan umum dan hampir terjadi di seluruh dunia. Musculoskeletal Conditions ditandai dengan peradangan sendi atau nyeri disekitar punggung yang disebabkan kelainan yang terjadi pada tulang belakang, otot sendi, maupun bagian lain yang menyokong tulang belakang.

Biasanya Musculoskeletal Conditions ini banyak diderita oleh pekerja yang pekerjaannya sering mengangkat benda-benda berat atau pekerja kantoran dengan kebiasaan duduk terlalu lama.  Bagaimana tidak, dari mulai jam kerja pagi sampai sore pekerja kantoran terbiasa bekerja sambil duduk seharian selama berjam-jam dan hanya berdiri sesekali untuk beristirahat atau pergi ke kamar kecil. Tidak banyak energi yang dikeluarkan karena tubuh sedikir bergerak seharian.

Selain beresiko terkena Musculoskeletal Conditions, seorang pekerja yang terlalu lama duduk dan kurang aktif bergerak beresiko terkena penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, dan osteoporosis hingga menurunnya masa otot dan kepadatan tulang.  Pasti kamu gak mau kan terkena penyakit tersebut termasuk Musculoskeletal Conditions?

Berikut informasi mengenai bagaimana mencegah Musculoskeletal Conditions:

1. Aktif bergerak atau rutin berolahraga
Kamu bisa lakukan peregangan kecil disela-sela pekerjaan seperti duduk-berdiri beberapa kali, memutar bahu, meregangkan punggung, kaki, dan leher.

2. Perbaiki posisi duduk
Pilihlah posisi duduk yang tepat atau gunakan kursi ergonomis untuk membuat posisi dudukyang nyaman.

3. Gunakan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan seperti troli alih-alih menjinjing bawaan yang cukup berat.

4. Mengatur posisi kerja
Simpanlah alat-alat yang sering digunakan di dekat meja kerja agar mudah diraih untuk menghindari peregangan berlebih.