6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Pilih Mana, Rutin Olahraga atau Tidur Cukup?

Hi Sobat Fit, pernah nggak sih kamu galau untuk memilih antara olahraga atau tidur di tengah jadwal kamu yang padat banget? 

Jadi sebenarnya lebih baik kamu pilih yang mana nih? Yuk kita check! 

KOMPAS.com - Rutin olahraga dan tidur yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Itu sebabnya, memilih antara terus terlelap agar mendapatkan tidur yang sehat terpenuhi, atau memaksa bangun untuk berolahraga, adalah dua pilihan yang sulit. Nah, di antara dua pilihan tersebut, mana yang harus didahulukan? 

Tidur dan olahraga diibaratkan seperti makanan dan air. Tidak hanya diperlukan untuk tubuh, tapi keduanya sangat sulit untuk dipisahkan satu sama lain. Selain itu, berdasarkan dari banyak hasil penelitian, diketahui rutin olahraga sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dan tidur yang berkualitas pun penting untuk kinerja fisik. Itu sebabnya Anda tetap harus berusaha keras menyeimbangkan keduanya.

Lalu bagaimana caranya? Anda bisa mencoba lakukan hal ini untuk menyeimbangkan antara rutin olahraga dan cukup tidur:

  1. Cobalah untuk mengorbankan jam tidur normal Anda untuk berolahraga di pagi hari minimal dua sampai tiga hari seminggu dan tidur lebih lama di hari lainnya.
  2. Coba lihat rutinitas Anda dimana Anda bisa lebih efisien. Misalnya, tidur lebih awal atau mengurangi 10 menit rutinitas pagi untuk mendapatkan tidur lebih lama.
  3. Pertimbangkan untuk mencuri waktu istirahat makan siang atau setelah pulang kerja untuk berolahraga setidaknya 40 menit dengan intensitas sedang tiga kali perminggu. 

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/28/060008220/mana-yang-lebih-baik-rutin-olahraga-atau-tidur-cukup