6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Yuk Latihan Pernapasan Ini Untuk Kamu yang Perokok!

Paru paru yang sehat membuat tubuh memiliki kapasitas oksigen yang besar. Dengan adanya kapasitas udara di paru paru besar kita menjadi tidak mudah lelah, namun seiring berjalannya waktu kapasitas paru paru menurun ditambah lagi jika kita hidup dengan udara yang kotor dan kita merokok. Terutama untuk perokok aktif maupun pasif paru paru mereka sudah mengalami penurunan kapasitas karena asap rokok, meskipun perokok aktif sudah berhenti merokok pun tidak secara instan paru paru mereka langsung bersih kembali. 

Paru paru perokok sudah tentu berbeda dengan paru paru nonperokok, paru paru perokok akan lebih hitam dibanding dengan paru paru nonperokok dan pastinya perokok akan mudah terkena penyakit pernapasan seperti asma, tbc, dll. Namun, dengan adanya latihan pernapasan yang tepat dapat meningkatkan kapasitas paru paru. Nah, penasaran ga sih sama latihan pernapasan yang benar untuk perokok? Yuk, simak pembahasan ini!

1. Latihan pernapasan diafragma 
Mungkin terdengar seperti latihan biasa namun jangan remehkan latihan ini. Latihan ini efektif untuk melatih paru paru dan dengan melakukan nafas dalam dalam juga dapat membantu kita menggunakan paru paru secara maksimal loh!

2. Bernapas yang terkoordinasi
Untuk perokok, mereka harus belajar mengontrol nafas mereka dalam waktu 1 menit. Latihan ini memang susah namun latihan ini sangat membantu perokok mendisiplinkan paru paru mereka.

3. Latihan pursed lip breathing 
Latihan ini membantu kita mengurangi jumlah nafas yang masuk namun membuat saluran udara kita terbuka lebih lama, untuk melakukan latihan ini cukup mudah. Untuk melatihnya kita hanya cukup bernafas melalui hidung dan keluarkan dari mulut dengan mengerucutkan bibir.

4. Latihan rib stretch
Teknik latihan ini cukup mudah dilakukan juga dan jika latihan ini dilakukan secara rutin sehari sekali teknik dapat membantu meningkatkan kapasitas paru paru. Cara melakukan latihan ini adalah dengan menghirup nafas dalam dalam kemudian di tahan selama 10-25 detik.

5. Numbered breathing
Dilihat dari nama nya “numbered” berarti kita menghirup nafas dengan angka. Hah dengan angka? Gimana tuh maksudnya? jadi cara nya adalah kita lakukan dengan posisi berdiri kemudian tutup mata, kemudian tarik nafas dalam dan bayangkan angka 1, kemudian buang nafas dan kemudian tarik nafas lagi, tahan dan bayangkan angka 2 dan seterusnya hingga 8.