6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Makanan Gizi Seimbang untuk Berbuka!

Asupan gizi yang tepat merupakan faktor yang penting untuk menjamin terlaksanannya masa puasa yang aman dan lancar. Penerapan gizi seimbang baik saat berbuka ataupun saat sahur adalah indicator penting untuk menjamin terlaksana nya puasa yang aman dan lancar. Hindari kesalahan kesalahan yang sering dilakukan saat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang kurang tepat. Mau tau tips berbuka yang sehat dan bergizi seimbang?

1. Awali buka puasa mu dengan yang makanan manis tinggi serat
Sesuai dengan anjuran yang diajarkan nabi, mengonsumsi kurma adalah cara terbaik untuk berbuka puasa. Secara ilmiah, kurma memiliki kadar glukosa yang cukup tinggi namun menyehatkan tubuh, karena memiliki kandungan serat dan vitamin yang sangat baik sebagai awal untuk berbuka puasa. 

2. Berbukalah dengan minum yang cukup
Selama berpuasa, tubuh kehilangan cukup banyak cairan didalam tubuh, cara untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah dengan mengonsumsi cukup cairan tubuh, anjuran yang bisa direkomendasikan adalah air putih dan air kelapa karena air kelapa mengandung elektrolit penting untuk tubuh

3. Terapkan anjuran isi piring-ku
Anjuran isi piringku, menyarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah di setengah isi piring kita. Serta pembatasan asupan garam, gula dan minyak, yang tak boleh sampai dilupakan. 

4. Hindari mengonsumi minuman tinggi gula, bersoda, beralkohol ataupun makanan olahan untuk berbuka. 
Carilah makanan yang segar, bersih dan bergizi saat berbuka. Konsumsi minuman bersoda serta beralkohol apalagi minuman yang teralu manis dapat berbahaya untuk pencernaan kita. 

5. Jangan mengonsumsi makanan tinggi lemak!
Sering kali berbuka puasa malah disalah artikan dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan dan makanan tinggi minyak lainnya. Padahal hal ini dapat memicu kegemukan saat menjalankan puasa. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang sehat secara alami tanpa penambahan minyak yang berlebihan. 

Itu dia tips untuk tetap menerapkan gizi seimbang untuk berbuka! Yuk, kita coba sekarang!