6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Lemes Saat Berpuasa? Gak Banget deh!

Bulan Ramadhan adalah bulan suci dan penuh berkah. Manfaatkan moment ini untuk bisa beramal serta beribadah dengan baik. Jangan sampai, ketika menjalani ibadah puasa kamu malah jadi lemes dan loyo nih, Sobat Fit! Mau tau rahasia agar kamu tetap prima selama melakukan ibadah puasa? Yuk simak tips dibawah ini!

1. Pastikan kamu dalam kondisi yang baik saat melakukan puasa, apabila memiliki penyakit penyerta, langsung konsultasikan dengan doktermu untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk melakukan puasa

2. Sahur memegang peranan penting. 
Sahur adalah waktu terbaik untuk mempersiapkan tubuh kita menjalani waktu berpuasa, pastikan kamu mengonsumsi asupan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sayur-sayuran tinggi serat untuk membuat tubuh kenyang lebih lama. 

3. Perhatikan asupan cairan tubuhmu
Seperti yang kita ketahui, asupan cairan per hari adalah minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter per hari. Dalam menjalankan puasa, bagilah waktu minum air mu dengan mengonsumsi 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

4. Konsumsi cukup sayur dan buah
Sayur dan buah tetap memegang peranan penting dalam mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral didalam tubuh. Pastikan, walaupun sedang berpuasa, asupan sayur dan buah tidak boleh sampai dilupakan atau terabaikan.

5. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak/minyak
Makanan tinggi lemak jenuh dan minyak mampu membuat peredaran darah menjadi lebih kental, dan membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah saat menjalani kegiatan berpuasa. Gunakan sumber lemak yang sehat dan baik untuk dikonsumsi saat berbuka ataupun saat sahur ya, sobat fit! Agar tubuhmu tetap dalam kondisi yang prima saat berpuasa!

6. Tetap bergerak dan berolahraga saat berpuasa
Aktifitas fisik memiliki segudang manfaat dalam membuat tubuh dalam kondisi yang lebih prima dan fit! Pastikan kamu berolahraga yang sesuai, jangan teralu memforsir olahraga apabila belum melakukan buka puasa. Gunakan alternative berolahraga yang low impact untuk tubuh jika melakukan olahraga saat ngabuburit. 

7. Pola tidur yang cukup. 
Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tidurmu setidaknya 7-8 jam per harinya

Gampang banget untuk diterapkan kan ya temen-temen pastinya? Langsung aja diterapkan nanti saaat beribadah puasa ya! Semoga puasanya lancar, sobat Fit