6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Lagi trend olahraga mikro, apasih sebenarnya?

Ketika kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolahraga, kini saatnya kamu mencoba trend olahraga mikro. Olahraga mikro digambarkan sebagai aktivitas fisik atau olahraga singkat yang membutuhkan waktu antara 3 dan 10 menit. Termasuk berjalan, menaiki tangga, pekerjaan rumah tangga dan latihan berat badan seperti jongkok, push-up, plank, lunges, dan burpe. 

Olahraga mikro biasanya dilakukan dalam latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan cocok bagi kamu yang kekurangan waktu tetapi masih ingin mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran. Semakin tinggi intensitas berolahraga, semakin banyak juga kalori yang kita bakar. Dengan kata lain, 10 menit melakukan olahraga mikro hasilnya sama dengan 45 menit berolahraga biasa dengan intensitas ringan atau sedang. 

Berikut beberapa contoh olahraga mikro yang bisa kamu lakukan dalam waktu singkat:

  1. Lakukan 20 lunge bergantian, diikuti dengan 15x push-up dan 5x pull-up, dan lanjutkan sirkuit 3-5 kali untuk latihan seluruh tubuh dalam waktu kurang dari 15 menit.
  2. Setel pengatur waktu latihan untuk 5 putaran. Untuk setiap menit lakukan latihan berikut: lompat tali, squat, push-up, band curl, dan forearm plank.
  3. Buat kamu yang hobi menonton televisi, lakukan ini setiap jeda iklan 2-3 menit untuk wall sit, dips, bridge, push-up, lunges, dan pull-up.

Dengan melakukan olahraga mikro tersebut, kamu dapat menghemat waktu latihan yang dilakukan dalam hitungan detik atau kurang dari 15 menit. Selain itu, ruang dan peralatan minim membuat olahraga mikro dapat dilakukan di rumah, di taman, atau bahkan sambil menonton tayangan televisi favorit kamu. Olahraga tidak selalu tentang berapa lama waktu yang dihabiskan. Sebaliknya, olahraga tergantung pada power dan jenis gerakan yang dilakukan. Olahraga apapun yang kamu pilih, tujuannya untuk menunjang kesehatan tubuh dan pastinya harus dilakukan secara rutin. Stay fit dan luangkan waktu untuk berolahraga ya!