6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Kapan sih waktu tidur yang baik itu?

Untuk menentukan waktu tidur yang baik, kamu harus mengetahui berapa lama waktu tidur yang diperlukan agar tidur menjadi lebih berkualitas. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7-9 jam per malam untuk orang dewasa. Namun, ini bisa sedikit berbeda tergantung pada individu dan faktor-faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas fisik. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur pada jam 10 malam adalah waktu tidur yang optimal. Bener gak sih?

Sebenarnya waktu tidur pasti berbeda-beda bagi tiap individu. Tidak ada waktu khusus yang mengharuskan kita tidur pada jam tertentu. Namun, disarankan baiknya kita tidur pada jam 10 malam karena berdasarkan rutinitas harian yang umum, pukul 10 malam pas untuk waktu istirahat dan bangun kembali tepat pukul 5 pagi untuk memulai aktivitas.

Tapi yang paling tepat untuk menentukan waktu tidur terbaik adalah  tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Tidur yang baik melibatkan siklus tidur yang teratur. Bahkan makan malam pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu kamu menemukan siklus tidur yang baik. Semua konsistensi tersebut membantu kita tidur dengan lebih berkualitas. 

​Jadi untuk mendapatkan waktu tidur yang baik cobalah untuk sedikit konsistensi dalam rutinitas waktu tidur. Mulailah dengan matikan telepon, hentikan camilan larut malam dan fokuslah pada jadwal tidur. Dan mulai menetapkan waktu bangun  secara konsisten sebagai isyarat tubuh agar mengetahui kapan waktu tidur dan bangun.

Penting untuk memperhatikan jadwal tidur dan kualitas tidur sebagai bentuk menjaga kesehatan dan mempertahankan aktivitas harian. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, termasuk meningkatkan risiko obesitas, gangguan mood, dan gangguan kognitif. Sebaliknya, tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan kesejahteraan secara keseluruhan.