6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Ini Dia Makanan Khas Indonesia yang Bergizi Tinggi!

Sudah tidak asing lagi bagi kita, makanan Indonesia terkenal dengan salah satu makanan terlezat di dunia! Salah satu penyebabnya adalah penggunaan rempah-rempah yang kaya di Indonesia, membuat makanan khas Indonesia terasa sangat berbeda dengan makanan khas negara lainnya, loh! Tapi, tidak semua makanan khas Indonesia ini memiliki nilai gizi yang tinggi, maka dari itu, dalam artikel akan kita bahas nih! 

1. Bakso
Bakso adalah makanan sumber protein, loh! Dalam 1 porsi bakso yang disajikan dengan bihun/mie dan sayur memiliki setidaknya sekitar 200-400 kalori. Hidangan ini bisa menjadi lebih seimbang untuk dikonsumsi apabila dengan komponen seperti itu. Selain sumber protein hewani, bakso juga bisa dilengkapi dengan tahu sebagai pelengkap protein nabatinya. Namun, perlu diperhatikan nih, dalam 1 porsi bakso yang sebenarnya bernilai gizi tinggi ini, bisa menjadi salah satu sumber makanan yang tinggi garam akibat penambahan garam, saus dan kecap yang berlebihan. So, rekomendasi terbaik saat mengonsumsi bakso adalah pergunakanlah condiment tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tidak teralu banyak. 

2. Gado-gado
Tahukah kamu, dalam 1 porsi gado-gado memiliki rupa-rupa sayuran yang bisa menjadi salah satu pelengkap kebutuhan serat harian kita? Dalam 1 porsi gado-gado kamu bisa mendapatkan paket lengkap nih yang memiliki kalori kurang dari 300 kalori! Dari kebutuhan asupan sayuran, karbohidrat dari lontong atau nasi hingga protein nabati dan hewani dari telur, tahu dan tempe. Wah, lengkap banget ya. Disajikan dengan siraman bumbu kacang, menambah asupan gizi dari protein nabati dan lemak baik dari kacang, namun perlu diperhatikan penggunaan bumbu kacang disini diharapkan kacang yang digunakan disangrai tanpa minyak bukan kacang yang digoreng dengan minyak, untuk menghindari penyerapan tambahan minyak. 

3. Rendang dan Opor
Siapa yang gak kenal sama makanan Indonesia yang satu ini? Rendang dan opor sudah dikenal hingga ke mata dunia karena kelezatannya. Rendang dan opor pada umumnya dibuat menggunakan daging sapi, selain tinggi protein, daging rendang juga terdiri dari beberapa campuran rempah-rempah yang pastinya memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Namun, sayangnya untuk makanan ini terbiasa dimasak menggunakan minyak yang cukup banyak sehingga membuat kandungan lemak yang cukup tinggi. Rekomendasi terbaik untuk mengonsumsi rendang dan opor adalah pastikan saat proses pemasakan tidak menggunakan teralu banyak minyak dan mengganti jenis daging dengan daging yang lebih rendah kolesterol seperti ayam. 1 potong rendang memiliki setidaknya 162 kcal dan 1 porsi opor setidaknya mengandung 320 kcal. 

Itulah daftar makanan Indonesia yang memiliki nilai gizi yang tinggi, nah gimana sobat fit? Kamu tertarik untuk mencoba makanan tersebut? Kamu juga bisa banget loh buat cek makanan khas Indonesia di applikasi MuFIT! Yuk, cobain sekarang!

Sumber image: IDN Times