6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Daya Tahan Tubuh Lemah? Konsumsi ini, yuk!

Selama masa pandemic ini, virus COVID-19 menjadi ancaman yang membuat geger diseluruh penjuru dunia. Pasalnya, virus ini menyerang sistem pernafasan kita dan sangat membahayakan jika daya tahan tubuh tidak mampu untuk menangkalnya, bahkan tidak sedikit angka kematian yang dihasilkan dari pandemik ini. Ketika virus atau bakteri masuk kedalam tubuh, dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat agar tubuh dapat melawan bakteri tersebut berkembang biak di dalam tubuh dan merusak organ kita. Virus ini memang dapat dicegah dari luar dengan melakukan protokol kesehatan, rajin menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan tidak menyentuh daerah mulut, hhidung dan mata Ketika sedang diluar. Namun, perlindungan dari luar saja tidak cukup, dibutuhkan perlindungan dari dalam untuk membentuk imun tubuh yang lebih kuat.

Banyak orang menyarankan, konsumsilah sumber vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber vitamin C sangatlah mudah didapatkan diantaranya yaitu jeruk, brokoli, bayam, kiwi, jambu, kelompok buah berry dan lain lain. Kebanyakan su mber vitamin C berasal dari buah dan sayur, terutama konsumsilah yang mengandung kandungan flavonoid tinggi seperti strawberry dan blueberry. Dengan mengonsumsi minimal 1 buah ukuran sedang per hari (±100 gram), kita sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita, loh! Eits, jangan lupa, karena vitamin ini tergolong vitamin larut air, pastikan proses memasak tidak teralu lama dan hindari penggunaan air teralu banyak ya, pastikan kamu mendapatkan vitamin C yang maksimal.

Selain vitamin C, makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah rempah- rempah. Salah satunya dengan mengonsumsi jahe, kunyit, dan bawang putih. Saat tubuh terpapar virus, respon tubuh berupa inflamasi merupakan hal yang biasa terjadi, dengan mengonsumsi rempah- rempah tersebut yang mengandung sifat anti-inflamasi dan sifat anti-oksidatif, tubuh mampu membuat perlindungan tubuh menjadi lebih kuat dan membuat tubuh menjadi lebih cepat untuk recovery.

Vitamin D juga dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses produksi imunitas tubuh. Vitamin D dapat kita dapatkan dengan cara yang cukup mudah selain berjemur dari matahari, sumber makanan yang mengandung vitamin D juga cukup beragam yaitu yoghurt dan susu serta olahan turunannya, salmon, kuning telur, hati ayam dan minyak ikan. Vitamin D berfungsi untuk mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, sehingga ketika tubuh diserang oleh virus, tubuh kita sudah lebih siap menghadapinya!

Sudah tahu kan sekarang jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu? Yuk konsumsi dan praktikan dirumah, stay safe and healthy!
 
Source:

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#yogurt

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412