6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Cara Menghindari Covid-19 Varian Omicron

Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan penyakit menular yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia selama 2 tahun terakhir. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) sejauh ini telah mengidentifikasi beberapa jenis mutasi virus Covid-19 namun beberapa yang menyebar di Indonesia yakni varian Alpha, Beta, Delta, dan yang terakhir varian Omicron.

Ketika situasi pandemik sudah mulai turun, pada awal tahun ini kita dikagetkan lagi dengan lonjakan kasus covid-19 varian omicron. Pada 26 November 2021 WHO menetapkan varian B.11.529 sebagai varian bernama omicron. Varian omicron ini lebih mudah menyebar dari pada varian virus covid-19 yang sebelumnya. Siapapun dengan infeksi omicron bisa menyebarkan virus ke orang lain bahkan jika sudah divaksinasi sekalipun.

Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), kasus omicron di Indonesia terus meningkat dan sebagian besar berasal dari pelaku perjalanan luar negeri bahkan WNA. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kasus pertama varian omicron  pertama kali dari Afrika Selatan oleh sebab itu bagi setiap pelaku perjalanan luar negeri meski dipantau.
Lantas bagaimana supaya kita terhindar dari covid-19 varian omicron ini?
Berikut beberapa cara menghindari covid-19 varian omicron:

1. Mendapatkan vaksin dosis lengkap
Vaksinasi dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat keparahan jika terkena covid-19 varian omicron. Vaksin berfungsi untuk memunculkan kekebalan tubuh/ imun seseorang sehingga mengurangi resiko penularan dengan tingkat keparahan yang tinggi.

2. Selalu gunakan masker
Menggunakan masker dengan baik dan benar berguna untuk memutus tantai penyebaran dan penularan covid-19 varian omicron. Akan lebih baik dan efektif jika menggunakan masker ganda medis dan kain. Penggunaan masker tersebut dapat menghadang partikel / droplet  yang dikeluarkan seseorang melalui batuk atau bersin.

3. Tingkatkan imunitas tubuh
Selain melaksanakan protokol kesehatan, masyarakat juga harus menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang covid-19 varian omicron. Mengingat bahwa covid-19 varian omicron ini sangat cepat penyebarannya maka kita juga harus extra dalam meningkatkan imunitas tubuh agar virus tidak mampu menginfeksi yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tubuh harus mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cukup untuk menjaga imun tubuh.

4. Menjaga kebersihan diri & lingkungan
Seperti yang kita ketahui bahwa covid-19 varian omicron ini dapat menyebar melalui droplet yang terhirup langung atau menempel pada permukaan benda kemudian tersentuh dan menyentuh hidung, mulut atau mata. Dengan demikian selalu menjaga kebersihan sekitar bisa menurunkan resiko penularan misalnya selalu membersihkan pengangan pintu, toilet, dan tempat umum dengan desinfektan, rajin mencuci tangan setelah bepergian, dan selalu mengganti pakaian setelah dari luar rumah. 

5. Hindari perjalanan ke luar negeri
Sampai saat ini penularan kasus covid-19 varian omicron sebagian besar berasal dari luar negeri atau pelaku perjalanan luar negeri. Pemerintah kita sudah menghimbau juga agar masyarakat tidak melakukan perjalanan luar negeri hal tersebut karena kasus covid-19 varian omicron di luar negeri saat ini sedang meningkat.
Dengan banyaknya kasus covid-19 varian omicron yang terjadi, yang perlu kita lakukan adalah tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak perlu panik dan tetap ikuti peraturan yang ada ya!