6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Sleep hygiene ini bisa jadi pilihan buat kamu yang insomnia!

Sleep hygiene  atau pola tidur bersih yang bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat untuk menghindari gangguan tidur seperti insomnia.

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan mental setiap orang. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 6-9 jam waktu tidur setiap hari. Dengan waktu tidur yang cukup, dapat memberi pengaruh yang baik bagi tubuh seperti menstabilkan emosi, kesehatan otak, meningkatkan imun tubuh, hingga penting bagi kesehatan jantung dan menjaga berat badan. Oleh sebab itu, kita harus selalu memaksimalkan waktu tidur dengan baik supaya bisa lebih produktif menjalani hari esok.

Namun, bagaimana dengan seseorang yang memiliki gejala insomnia? Insomnia bisa menyebabkan kualitas dan waktu tidur menjadi berkurang. Insomnia bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat atau adanya beban fikiran lain yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Padahal kurang tidur menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari serangan jantung, stroke, hingga diabetes. Insomnia biasanya diikuti oleh rasa kantuk di siang hari, energi rendah, mudah marah, dan suasana hati yang depresi. 
Sleep hygiene dan perubahan gaya hidup merupakan pengobatan pertama untuk insomnia. Yuk kita bahas tips sleep hygiene untuk membantu mengatasi insomnia!

  1. Hindari mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur. Berbaring setelah makan, bisa menaikan asam lambung ke kerongkongan, sehingga perut terasa panas dan bisa menggangu tidur karena rasa tidak nyaman.
  2. Buatlah jadwal bangun dan tidur dengan teratur. Tidur tepat waktu adalah cara terbaik untuk menciptakan kualitas tidur yang baik. Dengan jadwal tidur yang teratur setiap hari, membuat tubuh kita terasa segar dan berenergi di pagi hari. Dengan jadwal tidur yang rutin, nantinya tubuhmu akan terbiasa untuk bangun dan tidur di waktu yang sudah terjadwal sebelumnya.
  3. Buatlah kegiatan rutin sebelum tidur seperti membaca buku, mandi air hangat, atau melakukan peregangan sederhana akan membuat keadaan tubuh lebih rileks dan menciptakan rasa kantuk.
  4. Buatlah suasana kamar tidur yang sejuk, tenang, redup, dan terhindar dari kebisingan. Suasana tersebut bisa membantu tidur terlelap dengan nyaman. Atau kamu bisa coba gunakan penutup mata atau penutup telinga untuk kenyaman tidur.
  5. Jauhkan gadget dan perangkat elektronik lainnya karena pancaran sinar terang dari perangkat elektronik bekerja meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, dan produksi melatonin (hormon pemicu ngantuk) jadi terganggu.

So, sudahkah kamu mencoba 5 hal diatas? Segera dicoba ya, agar pola tidur kamu berangsur membaik.