6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Berikut pola makan sehat saat puasa di bulan Ramadhan

Ketika seharian menjalani puasa, kurang lebih 12 jam dalam satu hari pasti membuat tubuh tidak cukup terhidrasi, begitupun dengan asupan makanan dan nutrisi yang pastinya berkurang dari biasanya. Dengan begitu hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang atau imunitas yang menurun. Maka sangat penting sekali untuk selalu menjaga pola makan yang sehat saat puasa di bulan Ramadhan untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa berpuasa dengan lancar.

Berikut ini akan dibahas beberapa pola makan yang sehat saat puasa di bulan ramadan untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

1. Makan sahur
Makan sahur sangat berperan penting demi kelancaran puasa. Makan sahur membuat tubuh berenergi dan menjadi bekal agar kuat menjalani puasa seharian. Untuk itu penting sekali mengkonsumsi makanan yang bergizi penuh ketika sahur sepert karbohidrat, protein, lemat, vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Tak lupa konsumsi air mineral yang cukup ketika sahur agar tidak dehidrasi selama berpuasa. 

2. Makanan berbuka
Makanan berbuka pasti identik dengan makanan manis seperti sirup atau camilan manis lainnya yang bisa menambah energi tubuh dan membuat tubuh segar kembali. Konsumsi makanan manis seperti gula sederhana dan minum air putih yang cukup secara bertahap sangat pas untuk mengawali menu berbuka. Jangan langsung makan berat sekaligus karna tubuh butuh waktu untuk mencerna makanan secara bertahap setelah seharian kosong.

3. Menjaga pola tidur
Saa menjalani puasa pasti jam tidur menjadi berkurang karna harus bangun sahur dini hari. Untuk itu hindari tidur terlalu malam, dan hindari makan berat sebelum waktu tidur karena biasanya jika perut terisi penuh bisa menganggu kualitas tidur. Hindari juga konsumsi minuman berkafein, dan usahakan minum satu gelas air sebelum tidur, dan segelas air setelah bangun tidur di waktu sahur untuk mencukupi cairan tubuh.