6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah Osteoporosis

Tulang akan mengalami degenerasi secara alami dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia seseorang. Ditambah lagi jika sesorang memiliki kondisi tulang yang keropos bisa memungkinkan terkena osteoporosis. Kesehatan tulang juga perlu diperhatikan sejak dini hingga usia lanjut untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Kesehatan tulang dapat terjaga salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat bagi tulang yang tinggi kalsium, magnesium, zinc, Vitamin D, K, dan Vit C dapat membentuk tulang yang kuat dan sehat. Makanan yang mengandung kalsium berguna untuk memperkuat tulang,  sedangkan vitamin D membantu proses penyerapan kalsium.

Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan tulang tidak semata-mata untuk mencegah osteoporosis saja, namun bisa membantu asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang agar bisa lebih kuat dan pulih kembali. 

Berikut makanan yang bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang:

1. Dairy product seperti keju, susu, dan yogurt kaya akan kalsium. Kalsium menjaga kekuatan tulang dan gigi serta membantu pembekuan darah. 

2. Kaya vitamin C, jeruk membantu tubuh memproduksi kolagen, yang merupakan protein yang mendukung kesehatan tulang dan sendi.

3. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, bit hijau, dan lobak swiss dapat mendukung kesehatan tulang dengan jumlah vitamin C, E, K, vitamin B, dan mineral seperti kalsium, mangan, magnesium, dan selenium yang baik untuk kesehatan tulang.

4. Salmon juga merupakan sumber protein, asam lemak omega-3, dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Asam lemak omega-3 membantu mencegah peradangan, sementara rangkaian nutrisi lainnya meningkatkan kekuatan dan umur panjang.

5. Telur mengandung jumlah vitamin D yang tinggi. Satu kuning telur mengandung 5% dari nilai harian vitamin D. Selain itu, telur juga mengandung mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan zinc.

6. Sebagian besar kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki nutrisi yang baik untuk mengatasi degenerasi tulang. Kacang macadamia, walnut, hazelnut, almond, biji wijen, biji labu, dan biji bunga matahari mengandung kalsium, magnesium, zinc, dan nutrisi penting lainnya.

7. Kacang kedelai dalam bentuk apa pun merupakan tambahan yang bagus untuk pencegahan osteoporosis. Kedelai adalah sumber protein lengkap dan juga mengandung asam lemak omega-3.