6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

7 menu diet saat berbuka puasa di rumah

Di bulan puasa ini bisa jadi saat yang tepat buat kamu untuk memulai program diet sehat dengan membatasi frekuensi makan dengan jadwal yang teratur. Kunci utama untuk program diet adalah konsistensi dan menu makanan. Maka dari itu bulan puasa bisa jadi waktu yang tepat untuk diet dengan waktu makan yang teratur saat buka dah sahur.

Selain konsistensi, menu makan saat berbuka juga perlu diperhatikan jangan sampai waktu berbuka puasa menjadi momen mengokonsumsi makanan yang banyak dan tinggi kalori sehingga menyebabkan berat badan meningkat. Yang terpenting untuk diet saat puasa adalah perbanyak konsumsi protein dan makanan tinggi serat untuk menekan rasa lapar dan menjaga perut berpuasa sepanjang hari.

Berikut beberapa menu diet saat berbuka puasa di rumah:

1. Salad ayam
Irisan sayuran salad dengan tambahan ayam fillet dada yang tinggi protein dan rendah kalori bisa jadi pilihan tepat untuk menu diet kamu. Aneka vitamin dan mineral kumplit yang bisa kamu dapatkan dari salad sayur bisa memenuhi nutrisi harian kamu saat berpuasa.

2. Oat meal kurma almond
Oat meal mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral serta kaya anti oksidan yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Selain itu menu oat meal sangat praktis dibuat dan mengenyangkan serta rendah kalori. Sajian oat meal bisa kamu kreasikan dengan berbagai macam toping salah satunya kurma dan almond yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan menyehatkan jantung.

3. Sup sayur bening
Sup bisa menjadi menu yang rendah kalori dan kaya nutrisi. Aneka sayuran sehat seperti wortel, buncis, terung, hingga bayam adalah pilihan tepat untuk sup bening yang sehat. Dengan tambahan kaldu ayam yang menambah rasa gurih serta kaya kalsium, kalium hingga sumber fosfor yang baik untu kesehatan.

4. Avocado sandwich
Alpukat merupakan sumber lemak dan serat yang sangat baik. Alpukat juga bisa menjadi alernatif topping roti yang baik serta rendah kalori dibanding cokelat atau selai manis lainnya. Roti gandum dan alpukat cocok untuk menjaga kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

5. Grilled salmon 
Kandungan protein dan asam lemak pada salmon memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga cocok untuk menu diet menurunkan berat badan. 

6. Mac n cheese rendah kalori
Sajian macaroni, keju, susu, tentunya mengandung kalori yang lumayan tinggi, namun kamu bisa mengubahnya menjadi sajian rendah kalori yang cocok untuk diet buka puasa kamu seperti mengganti keju rendah lemak atau Greek yogurt, serta gunakan pasta dari gandum utuh yang memiliki serat tinggi. Jangan lupa tambahkan sayuran dan potongan daging untuk menambah nutrisi dan kelengkapan makanannmu.

7. Steak ayam
Dada ayam mengandung sedikit lemak dan tinggi protein untuk menurunkan berat badan dan menjadi menu diat sehat. Olahan steak merupakan cara terbaik untuk mengurangi minyak, dengan tambahan sayuran dan kentang bisa menjadi menu sempurna yang kaya nutrisi.