6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Makan gorengan saat buka puasa? Boleh tapi….

Siapa sih yang tidak suka camilan satu ini? Camilan yang gurih dan crispy sangat disukai semua orang apalagi menjelang waktu berbuka puasa biasanya orang-orang berburu camilan yang satu ini. Ya, gorengan! Tidak hanya enak dan gurih, nyatanya gorengan mengandung banyak kalori dan mengandung lemak jenuh yang tinggi loh. Bagaimana tidak, camilan ini melalui proses penggorengan yang menyerap minyak dari lemak, selain itu adonan dengan lapisan tepung yang digoreng membuat kadar air berkurang dan menyerap minyak sehingga membuat makanan tersebut meningkat kadar kalori dan lemaknya.

Jadi boleh nggak sih makan gorengan saat buka puasa? 

Jawabannya boleh. Tapi kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal saat ingin mengkonsumsi gorengan ketika berbuka puasa, seperti:

1. Jangan langsung konsumsi gorengan saat berbuka. Karena minyak dalam gorengan bisa mengiritasi tenggorokan yang kering ketika puasa. Alangkah baiknya jika konsusmsi gorengan setelah minum saat berbuka.

2. Perhatikan porsi, makanlah sekucupnya 1 atau 2 gorengan saja. Karena lambung yang kosong seharian akan bekerja lebih keras mencerna makanan berlemak sekaligus dan berpengaruh terhadap kesehatan pencernaanmu.

3. Gunakan minyak tak jenuh untuk menggoreng seperti minyak kanola atau minyak jagung yang lebih baik bagi kesehatan tubuh. 

4. Jangan lupa konsumsi camilan sehat lainnya juga seperti buah buahan, pudding, atau salad yang bisa menambah nutrisi harian kamu dan membantu mengurangi porsi makan gorengan.

5. Usahakan membuat camilan gorengan sendiri di rumah dari pada membeli di luar karena kita bisa mengatur sendiri teknik menggoreng, bahan makanan yang lebih bersih, dan tentunya lebih hemat.