6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Buka puasa makan gorengan melulu? Ini makanan alternatif buat kamu biar kalori dan kesehatanmu terjaga

Gorengan memang camilan favotir untuk buka puasa. Saat hendak berbuka kebanyakan orang pasti berburu gorengan untuk menemani buka puasa mereka. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kita ketagihan dan tidak cukup 1 untuk memakannya, sekali makan gorengan bisa 2-3. Namun apakah aman buka puasa dengan gorengan? 

Ternyata gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan tidak baik untuk lambung yang kosong serta sulit dicerna sehingga membuat lambung bekerja lebih keras. Selain itu tingginya kadar kolesterol pada gorengan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi jika dikonsumsi terus menerus dengan jumlah yang banyak. 

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, banyak alternatif makanan untuk buka puasa yang pastinya lebih sehat dan bernutrisi.

1. Salad buah
Selain mudah dibuat, salad buah juga kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk melancarkan percernaan. Buah mengandung banyak air yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Pudding
Camilan buka puasa yang kaya serat, kalsium, dan magnesium, serta kandungan gelatin pada pudding  yang bisa mengontrol gula darah dan kolagen yang bermanfaat untuk kesehatan. Banyak kreasi pudding yang bisa kamu buat seperti pudding cokelat, pudding buah, pudding susu, hingga pudding lumut yang pastinya lebih segar untuk buka puasa.

3. Bubur kacang hijau
Tidak hanya lezat, bubur kacang hijau menyediakan energi dan kaya nutrisi bagi tubuh serta rendah kalori dan lemak. Kacang hijau mengandung antioksidan dan tinggi protein. Kamu bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau dengan sajian hangat atau disajikan dingin yang pastinya tetap menyehatkan.

4. Olahan kue manis seperti pie
Aneka kreasi pie manis seperti pie susu, pie buah, pie kurma, hingga pie apple dapat meningkatkan kadar gula darah yang turun selama puasa dan merupakan sumber kalori yang mudah diserap tubuh. Atau kamu juga bisa membuat hidangan savory seperti Quiche Loraine dengan isian ayam, keju, sosis, hingga salmon yang pastinya kaya protein.

5. Jika bosan dengan camilan manis, dimsum bisa menjadi pilihan
Kudapan kukus untuk hidangan pembukan yang sehat tanpa proses penggorengan, dan isiannya yang beragam seperti ayam, udang, hingga sayuran mengandung protein tinggi dan menyehatkan serta cukup mengenyangkan.