6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Konsumsi Makanan Berlemak yang Aman Buat Kesehatanmu!

Katanya konsumsi lemak itu ga baik buat kesehatan kita. Bener ga sih?

 

Sebenernya lemak adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk fungsi-fungsi vital. Namun, penting untuk mengonsumsi lemak dalam jumlah yang seimbang dan memilih sumber lemak yang sehat. Lemak adalah salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Setiap gram lemak mengandung 9 kalori, yang lebih banyak dibandingkan dengan protein atau karbohidrat.

Jadi konsumsi lemak itu tetap diperlukan tubuh kok, asal dalam jumlah yang seimbang dan perbanyak konsumsi lemak sehat. Yang tidak baik itu adalah mengkonsumsi banyak lemak jahat. Lemak jahat atau lemak trans seperti daging  sapi berlemak, kulit ayam, jeroan, kentang goreng, mentega dan susu tinggi lemak dapat mempengaruhi penyakit kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah) terutama melalui pengaruhnya terhadap kadar kolestrol dalam darah.

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans bukan hanya untuk penampilan fisik, tetapi juga untuk kesehatan secara menyeluruh. Konsumsi makanan berlemak tetap bisa dikonsumsi dengan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, tuna dan minyak nabati seperti minyak zaitun

2. Hindari menggoreng makanan dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, merebus dan mengukus

3. Pilih produk susu rendah lemak atau non-lemak seperti susu rendah lemak atau yoghurt greek rendah lemak

4. Hindari makanan cepat saji dan makanan olahan yang seringkali mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi

5. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat dan nutrisi tanpa banyak lemak

 

Menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tapi jangan untuk menerapkan gaya hidup aktif dan seimbang untuk mendapatkan kesehatan yang optimal ya!