6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Buah Utuh vs Jus Buah

Mengonsumsi beraneka macam buah bisa menyehatkan dan memberi tubuh nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, dan kaya akan serat. Buah-buahan juga menyediakan berbagai macam antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk flavonoid. 

Namun nyatanya banyak orang yang kurang mengkonsumsi buah dengan cara di jus. Hmm, apakah buah yang di jus dan buah utuh yang dikonsumsi sama saja? Mana sih yang lebih baik, buah utuh atau buah yang di jus?

Meskipun sama-sama mengkonsumsi buah, nyatanya kedua cara tersebut ternyata tidak sama loh. Jus buah tidak lebih sehat dibandingkan buah utuh pada umumnya. Sekalipun jusnya langsung diperas. Mengkonsumsi buah yang di jus memang terdengar menyehatkan, namum faktanya berikut adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa buah utuh lebih sehat dibanding mengkonsumsi buah yang di jus.

  1. Buah utuh mengandung banyak serat dibandingkan buah yang di jus, karena proses jus bisa menghilangkan serat buah yang baik untuk pencernaan dan lebih mengenyangkan
  2. Gula alami pada buah utuh tentunya jauh lebih menyehatkan daripada tambahan gula dalam jus, belum lagi jika ditambahkan susu kental manis atau topping lainnya
  3. Jus kemasan kebanyakan hanya mengandung esktrak buah dan bisa ditambahkan zat adiktif untuk menguatkan rasa
  4. Mengunyah buah utuh baik untuk kesehatan dan meningkatkan enzim dengan merangsang air liur yang bisa memecah gula

Nah itu dia alasan mengapa mengkonsumsi buah utuh lebih sehat daripada buah yang di jus. Mengkonsumsi buah sah-sah saja, namum perhatikan juga proses pembuatannya. Hindari menambah gula atau topping manis yang terlalu banyak, usahakan membuat jus sendiri di rumah dan hindari mengkonsumsi minuman ekstrak buah.