6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Cara Melakukan Senam Aerobic Secara Online

Saat ini senam aerobik menjadi olahraga favorit di kalangan masyarakat. Pasalnya senam aerobik dilakukan dengan rangkaian gerakan yang aktif dan lincah, juga diiringi musik yang membuat senam menjadi lebih menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama-sama membuat semangat olahraga jadi lebih meningkat. Namun, di tengah situasi pandemi seperti sekarang banyak sport center yang menutup tempat mereka. Bahkan beberapa kegiatan berkumpul untuk olahraga bersama menjadi terbatas karena aturan yang ada. Banyak masyakat yang sulit mendapatkan akses untuk tetap menjaga kesehatannya.

Meski begitu hal tersebut tidak bisa jadi alasan untuk berhenti melakukan olahraga favorit mu. Olahraga seperti senam aerobik tentu bisa tetap dilakukan tanpa harus keluar rumah. Sekarang mengikuti kelas olahraga secara online menjadi alternatif agar tetap sehat tanpa harus keluar rumah. Meskipun dilakukan secara online, senam aerobik tetap bisa dilakukan bersama teman-teman, jadi olahraga akan tetap menyenangkan. Selain itu, ada instruktur juga yang akan membimbing selama senam aerobik.

Melakukan senam aerobik secara online tidak membutuhkan banyak peralatan. Disini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan senam aerobik secara online, simak baik-baik ya! 

  1. Menggunakan platform video conference seperti zoom untuk melakukan senam aerobik. Banyak workout class program yang menyediakan berbagai jenis olahraga yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa menemukannya melalui aplikasi atau di akun social media penyedia workout class tersebut. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga, dan bisa bebas memilih sesi olahraga yang kamu mau. Kamu bisa tetap berolahraga dengan instruktur professional untuk membimbing kegiatan olahraga. 
  2. Kamu bisa memanfaatkan video dari youtube. Banyak konten-konten olahraga yang bisa kamu ikuti untuk tetap berolahraga dari rumah. 
  3. Gunakan pakaian yang memudahkan pergerakan dan mudah menyerap keringat. Gunakan juga sepatu khusus untuk senam aerobik agar lebih nyaman.
  4. Karena banyak pergerakan, alangkah lebih baik jika dilakukan di ruangan yang luas agar bisa bergerak bebas dan leluasa. Hal ini juga bisa menghindari kamu dari cedera karena terkena benturan barang di sekitar.
  5. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan (warming up) sebelum memulai senam aerobik. Tujuannya untuk meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan suhu tubuh secara bertahap. Serta mempersiapkan otot-otot dan persendian. Pemanasan dilakukan kurang lebih 10-15 menit.
  6. Pendinginan  juga penting untuk dilakukan di akhir senam aerobik supaya melemaskan otot-otot secara bertahap dan mengembalikan detak jantung juga suhu tubuh ke kondisi normal.
  7. Yang terakhir konsusmsi cairan yang cukup karena saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Akan lebih baik jika menyiapkan minum agar tidak kekurangan cairan tubuh  selama olahraga.

Mau latihan online dengan Trainer profesional? Daftar dan ikutan langsung bersama trainer profesional dari Mufit!