6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Over Workout Bisa Bahaya?

Sebagai seorang yang senang workout, berolahraga mungkin merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu selalu berusaha bekerja keras untuk tetap bugar, serta membangun daya tahan dan kekuatan. Namum kamu mungkin tidak menyadari bahwa kerja keras itu bisa saja menjadi berlebihan yang disebut over workout.

Over workout dapat terjadi saat kamu berolahraga tanpa memberikan jeda atau waktu pemulihan yang cukup antar sesi. Terlalu banyak berolahraga dapat membahayakan kesehatan dan menghambat goals workout kamu, terutama jika latihan yang dilakukan secara berdekatan.

Hindari over workout dengan berolahraga sesuai batas kemampuan diri dengan memberikan waktu pemulihan yang cukup diantara jadwal workout. Pastikan untuk memberi bahan bakar/kalori pada jadwal workout sehingga kamu memiliki cukup energi untuk mempertahankan workout.

Berikut adalah dampak dari over workout yang dapat mempengaruhi kesehatan diantaranya:

  1. Penyakit yang berulang, seperti pilek atau infeksi saluran pernapasan
  2. Peningkatan tekanan darah atau detak jantung istirahat
  3. Perubahan pada kulit, rambut dan kaki yang tampak tidak sehat
  4. Masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit
  5. Siklus haid tidak teratur atau hilang sama sekali haid
  6. Penurunan berat badan secara tiba-tiba, kehilangan nafsu dan gangguan makan

Untuk mencegah over workout, jadwalkan hari istirahat teratur setelah workout yang panjang atau berat. Jadwalkan hari istirahat aktif seperti berjalan kaki, yoga atau berenang. Ini akan meredakan ketegangan otot dan membantu kamu tetap aktif sambil memulihkan diri dari latihan yang berat. Berolahraga cukup 3 kali dalam 1 minggu atau 1 jam setiap hari untuk membuat tubuh tetap bugar. Selalu utamakan kesehatan demi menciptakan tubuh yang sangat bugar dan fit!