Mufit for Company, solusi program wellness untuk perusahaan anda!

Mufit for Company, solusi program wellness untuk perusahaan anda! Learn More

Manfaat Berolahraga 30 Menit Sehari

Tahukah kamu, tetap berolahraga apalagi di masa pandemik ini banyak banget loh manfaatnya. Apalagi jika kamu termasuk kategori orang yang memiliki aktifitas cukup padat atau gaya hidup yang duduk doang nih… yuk jangan males. Ada kabar baik buat kamu bahwa, tidak ada kata terlambat untuk memulai untuk berolahraga dari sekarang dan rasakan manfaatnya.

Salah satu manfaat yang didapati dari berolahraga secara rutin adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sangat jelas menarik perhatian orang terutama dimasa pandemic seperti ini, tubuh membutuhkan daya tahan tubuh yang lebih baik untuk mencegah terpapar virus. Olahraga juga dapat membantu proses pengaturan berat badan ideal. Olahraga yang rutin mampu mengontrol berat badan berlebih dengan menggunakan cadangan energi dan lemak di dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi. Bedasarkan penelitian, kombinasi olahraga dan pengaturan pola makan dapat secara efektif dan signifikan mengurangi berat badan secara stabil.

Tidak hanya itu saja, olahraga juga mampu meningkatkan kemampuan mengingat. Dengan berolahraga, tubuh dapat menghasilkan suatu reaksi kimia di otak untuk meningkatkan proses belajar, mengingat dan mood menjadi lebih bahagia. Olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung coroner dengan memperlancar peredaran darah dan pasokan oksigen ke otak sehingga darah dapat mengalir lebih lancer. Olahraga mampu mengontrol kadar gula darah menjadi lebih stabil karena dengan berolahraga, tubuh mampu membantu merangsang kerja insulin untuk merubah gula darah menjadi energi serta mencegah dampak komplikasi yang disebabkan dari diabetes. Selain itu, bedasarkan penelitian, olahraga rutin mampu menurunkan angka resiko kematian akibat diabetes dan jantung coroner sebesar 34%-53%.

Olahraga yang dianjurkan setiap harinya adalah 30 menit per hari. Jenis olahraga yang dapat dilakukan juga bervariasi. Sesuaikan jenis olahraga dengan kebutuhan dan kemampuan tubuhmu. Olahraga harus dimulai sekarang juga dan lakukan dengan konsisten dan rasakan manfaatnya! So? Tunggu apa lagi, yuk rutin berolahraga!
 
Source:

(1). Pedersen BK, Saltin B. Exercise as medicine - evidence for prescribing exercise as therapy in 26 different chronic diseases. Scand J Med Sci Sport 2015 Dec;25(Suppl 3):1e72.

(2). Warburton, D. E., Nicol, C. W., & Bredin, S. S. (2006). Health benefits of physical activity: the evidence. CMAJ : Canadian Medical Association journal = journal de l'Association medicale canadienne, 174(6), 801–809. https://doi.org/10.1503/cmaj.051351