6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Monitoring dan Evaluasi Kesehatan Itu Sama Pentingnya dengan Program Kesehatan, lho!

Program kesehatan adalah sebuah design/framework yang digunakan seseorang untuk menjalani sebuah perubahan dalam hal ini dibidang kesehatan. Sebuah program kesehatan yang baik tidaklah hanya berasal dari seberapa baik program tersebut dilakukan atau seberapa baik program tersebut dirancang, namun seberapa baik program tersebut benar-benar dilakukan dan berdampak pada hasil akhirnya. Maka dari itu, sebuah program kesehatan yang baik tidaklah luput dari metode Monitoring dan Evaluasi. 

Manfaat dari monitoring dan evaluasi program kesehatan juga bisa memberikan data yang akurat yang dapat digunakan sebagai dasar Analisa untuk perbaikan pelaksanaan program. Contoh monitoring sendiri dalam program kesehatan dapat dilihat dengan cara memonitor setiap perkembangan yang terjadi pada seseorang yang sedang menjalani program kesehatan. Kegiatan monitoring berfokus pada pengawasan, serta mendapatkan informasi yang bersifat regular berdasarkan indicator tertentu. Monitoring yang baik, bisa berguna unntuk memastikan program yang dijalankan ini tetap berada pada jalurnya, serta kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk pengelola program kesehatan untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dan dialami oleh yang menjalankan program, sehingga hambatan-hambatan tersebut bisa diselesaikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. 

Setelah program monitoring bisa berjalan dengan baik, dilanjutkan dengan program evaluasi di akhir. Evaluasi adalah kegiatan penilaian akan pencapaian tujuan dan pengungkapan masalah kinerja program untuk memberikan umpan balik (feedback) sehingga dapat dijadikan sebagai acuan untuk peningkatan kualitas program kesehatan tertentu. Adapun contoh kegiatan evaluasi pada program kesehatan bisa dilakukan dengan du acara yaitu dengan cara formative (selagi program berjalan – evaluasi rutin) atau secara summative (dilakukan setelah program selesai – dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk program yang akan datang). 

Dalam hal contoh monitoring dan evaluasi dalam program kesehatan, penting sekali dalam membuat hal ini menjadi sesuatu yang sederhana, akurat serta objektif sehingga bisa mendapatkan data yang akurat dan bisa dijadikan acuan. Monitoring dan evaluasi pada program kesehatan itu penting sekali mengacu pada action-oriented, sehingga hal ini jelas sangat penting untuk dilakukan untuk mendukung sebuah program kesehatan yang berhasil. Sebagai contoh dalam program penurunan berat badan, contoh monitoring dan evaluasinya bisa berupa dengan menanyakan berat badan day to day atau week to week, memastikan pola hidup dan gaya hidup yang dilakukan sudah benar-benar tepat dan tidak melenceng, serta memastikan apakah itu benar-benar dilakukan. Hal itu bisa didapati dengan beberapa metode seperti metode food recall, penimbangan berat badan, food history dan food weighing. 

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah menjalani program kesehatan dengan mendapat monitoring dan evaluasi?