6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

10 cara ampuh menangani stress kerja!

Hampir semua pekerja pernah merasakan kelalahan kerja akibat pekerjaan yang menumpuk dan deadline pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal-hal tersebut jika terjadi berlarut-larut bisa mengakibatkan stress kerja. Stress kerja merupakan hal yang normal terjadi, namun jika stress kerja berlangsung lama dan berlebihan tentu dapat berpengaruh buruk pada produktivitas harian. Dengan kata lain stress kerja juga bisa berpengaruh terhadap fisik dan psikologi karyawan.

Tentunya kamu tidak ingin mengalami stress kerja bukan? Berikut 10 cara ampuh menangani stress kerja di kantor:

1. Ikuti kelas meditasi
Meditasi adalah cara paling ampuh untuk membantu karyawan lebih rileks, meningkatkan konsentrasi, menenangkan fikiran, serta bisa mengembalikan fokus dan kesadaran diri. Dengan kata lain meditasi bisa membantu kamu kembali fokus bekerja tanpa stress kerja yang berlebihan.

2. Work-life balance
Seorang karyawan harus bisa mengatur antara pekerjaan dengan tanggung jawab lain di luar pekerjaan. Tujuannya untuk menghindari konflik pribadi dan pekerjaan. Dengan memiliki work-life balance kamu bisa memiliki waktu untuk melakukan hal lain yang kamu sukai.

3. Gunakan waktu istirahat dengan efisien
Atur waktu kerja semaksimal mungkin agar tidak menganggu waktu istirahat. Jangan sampai waktu istirahatmu terganggu karena pekerjaan yang belum selesai.

4. Jaga pola hidup
Istirahat yang cukup, konsumsi vitamin, dan makanan yang bergizi dapat membantu kamu melindungi kesehatan fisik dan mental dari stress kerja.

5. Tetapkan batasan kerja
Menciptakan batasan kerja yang jelas bisa menghindari kamu dari konflik pekerjaan yang menyebabkan stress kerja. Jika sudah lewat jam kerja, atau mendapat pekerjaan di luar jobdesk, kamu berhak menentukan batasan.

6. Lakukan hobi
Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disenangi seperti olahraga, bermain game, menonton film, atau jalan-jalan.

7. Sharing dengan rekan kerja
Ketika kamu mengalami kesulitan, atau merasa beban kerja terlalu berlebih cobalah minta bantuan rekan kerja. Jangan menghadapi kesulitan  sendiri karena hal tersebut bisa memicu stress kerja.

8. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman
Cobalah bekerja sambil mendengarkan musik favorit agar lebih rileks. Atau kamu bisa coba mendekorasi meja kerja supaya lebih semangat.

9. Membuat daftar prioritas pekerjaan
Jika pekerjaanmu mulai menumpuk, coba buat daftar prioritas pekerjaan untuk menentukan mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dulu.

10. Kenali batasan kemampuan diri
Jangan terlalu memaksakan diri dengan pekerjaan, dan hindari diri memforsir pekerjaan yang berlebihan.

Jika stress kerja berlangsung lama dan berlebihan tentu dapat berpengaruh buruk pada produktivitas harian, yuk simak cara mengatasinya.