6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Seberapa penting sih mental health awareness di lingkungan kerja?

Mental health berdampak pada cara seseorang dalam berfikir dan bertindak. Mental health juga bisa menggambarkan kesejahteraan emosional dan kondisi psikologis seseorang. Seseorang dengan kondisi mental health yang baik, akan mudah menghadapi konflik harian dengan bijaksana dan bisa menjalin hubungan baik dan cara bersikap kepada seseorang. Sebaliknya, jika seseorang berada dalam kondisi mental yang kurang baik akan mudah mengalami stress, mudah tersinggung, dan kesulitan menjalin hubungan baik dengan seseorang yang bisa menyebabkan terganggunya aktifitas pekerjaan.

Apalagi lingkungan kerja merupakan tempat dengan kondisi yang mengharuskan seseorang produktif dan cepat bertindak. Tekanan pekerjaan, konflik antar rekan kerja, dan padatnya aktifitas pekerjaan mengharuskan karyawan untuk selalu sigap, serta kuat fisik dan mentalnya untuk melanjutkan aktifitas. Lain hal dengan seseorang yang mengalami mental illness, bisa menyebabkan terjadinya stress kerja serta bisa mempengaruhi kesejahteraan sosialnya.

Untuk itu mental health di lingkungan kerja juga sangat penting untuk diperhatikan, mengingat jika mental health juga bisa berpengaruh terhadap aktifitas dan produktivitas kerja seseorang. Kondisi lingkungan kerja yang baik, saling terbuka, komunikasi yang baik, serta pertemanan yang sehat tentu akan mendukung terciptanya kondisi mental health yang baik. 

Perusahaan juga harus ikut terlibat dalam memperhatikan mental health karyawannya, jangan sampai perusahaan selalu menekan pekerjaan karyawan yang membuat karyawan merasa terbebani dan memicu stress kerja. Hubungan yang harmonis antara atasan dan rekan kerja sangat penting demi terciptanya lingkungan kerja yang sehat. Dengan memperhatikan kondisi kesehatan psikologis di lingkungan kerja, perusahaan tidak hanya membantu karyawan lebih produktif tetapi juga berkontribusi terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Kondisi lingkungan kerja yang baik, saling terbuka, komunikasi yang baik, serta pertemanan yang sehat tentu akan mendukung terciptanya kondisi mental health yang baik.