6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Covid-19 Varian Delta Prevention, gimana caranya ya?

Sudah lebih dari setahun, kita hidup berdampingan dengan virus corona yang menggemparkan dunia di tahun 2020 saat kasus pertama dilaporkan berada di Wuhan, China pada pertengahan Januari 2020. Virus covid-19 yang ditetapkan menjadi pandemic secara global, berhasil merenggut jutaan nyawa yang mengidap penyakit ini. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini pada awalnya ditemukan, dapat menular dengan air liur (droplet) seseorang yang ditularkan ke orang yang lain. Mengingat ini menyerang saluran pernafasan, tingkat kematian dari penyakit ini tidaklah rendah. Bahkan bisa dibilang virus ini cukup mematikan. 

Namun, seiring berjalannya waktu, virus covid ini pun akhirnya bermutasi menjadi varian virus yang lebih mematikan, dimana varian ini dikenal dengan varian delta. Virus Covid-19 yang awalnya ditemukan itu merupakan golongan alpha, virus itu sendiri sebenarnya memiliki keahlian untuk mereplikasi dan merusak sel tubuhmu dengan sangat cepat dan menjadikan kondisi tubuh kita akan semakin lemah. Ditambah dengan kehadiran virus delta, virus ini bahkan bisa menularkan sesama manusia lewat udara (airbone). 

Angka kematian di Indonesia sejak memasuki quarter dua tahun 2021 mulai menunjukkan kenaikan angka yang signifikan. Beberapa ahli menduga, penyebab utamanya adalah masuknya virus covid-19 varian delta yang meningkatkan angka penyebaran dan kematian. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan covid-19 varian delta prevention! 

  1. Selalu menggunakan masker medis! Direkomendasikan menggunakan masker 2 lapis yaitu masker medis dan masker kain untuk meningkatkan filtrasi udara yang dihirup. 
  2. Selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter untuk mencegah kontak langsung dengan orang lain
  3. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau penggunaan hand sanitizer dengan berbahan alcohol setidaknya 70%
  4. Menjauhi kerumunan, karena kerumunan membuat tingkat penularan semakin tinggi
  5. Mengurangi mobilitas yang tidak dibutuhkan, stay at home dan lindungi orang yang kalian cintai di dalam rumah
  6. Hindari tempat indoor yang minim sirkulasi udara. Minimnya sirkulasi udara membuat ruangan menjadi lebih pengap dan virus akan jauh lebih mudah untuk ditularkan. 

Nah, sobat fit, yuk kita sama sama lakukan protocol kesehatan ini sampai Indonesia benar-benar bebas dari Covid!