6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Hidup Sehat Setiap Hari, Siapa Takut?

Pada dasarnya, hidup sehat harusnya tidak sekedar wacana, namun bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari hari.

Namun, tingginya mobilitas dan aktifitas, membuat penerapan ini semakin sulit dan tak jarang kita lupa untuk menjalankannya. Padahal, hidup sehat setiap hari itu mudah banget, lho! 

Terdapat 5 prinsip sederhana dalam penerapan hidup sehat yaitu makanan sehat, olahraga teratur, perbanyak langkah, istirahat cukup dan berfikir positif (1).

Sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Hindari konsumsi garam, gula dan minyak teralu berlebihan, karena itu tidak baik untuk tubuh. Konsumsilah gula dengan anjuran 4 sdm, garam 1 sdt dan minyak 5 sdm dalam satu hari, dan ingat untuk menjaga asupan kalori supaya tidak berlebih, supaya terhindar dari penyakit kronis. 

Hal kedua, adalah olahraga teratur. Olahraga kerap kali dianggap sebagai hal yang menyulitkan dan melelahkan, padahal berdasarkan penelitian, olahraga bisa meningkatkan hormon serotonin di otak yang mempengaruhi mood, membuat tubuh menjadi lebih rileks(2) dan sebagai antidepresan (3). Olahraga juga terbukti bisa memperbaiki kadar kolesterol, gula darah, meningkatkan produksi insulin, serta menurunkan trigliserida (4).

Jika berolahraga terasa sulit, mulailah beraktifitas fisik dengan memperbanyak langkah berjalan. Targetkan minimal 6000 an langkah per hari supaya badan tetap bugar dan aktif.

Selanjutnya, adalah waktu tidur. Padatnya aktifitas tak jarang membuat seseorang mengalokasikan waktu tidurnya menjadi lebih pendek atau sulit Waktu yang dibutuhkan oleh orang normal untuk tidur adalah 7-8 jam (5). Data menunjukkan, 37% populasi usia 20-39 tahun melaporkan mereka mengalami kurang tidur. Hal ini tentu tidak baik, dikarenakan waktu tidur yang kurang dari kebutuhan dapat mempengaruhi sintesis protein yang berperan dalam meregenerasi sel menjadi menurun.

Terakhir adalah berpikir positif. Pola pikir dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Dengan berpikir positif, orang cenderung lebih sehat karena mampu menghadapi stress yang dimilikinya dengan baik. Orang yang lebih bahagia memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, sehingga ti dak rentan terkena penyakit.

Itu dia 5 prinsip hidup sehat sederhana yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat!

Sumber: 

(1) https://arogyayogaschool.com/blog/five-principles-health-main-principles-of-health-are-healthy-diet-nodrugs/

(2) https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27562067/

(3) https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30334597/

(4) https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0003999305002121 

(5) https://www.sleepadvisor.org/sleep-statistics/