6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Berapa kali seminggu ideal untuk berolahraga? Yuk cari tahu!

Aktivitas fisik didefinisikan sebagai setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan pengeluaran energi. Aktivitas fisik mengacu pada semua gerakan termasuk selama waktu senggang, atau sebagai bagian dari pekerjaan seseorang. Baik aktivitas fisik intensitas sedang atau kuat untuk meningkatkan kesehatan.

Berolahraga seperti jogging, hiking, running, latihan aerobik, latihan ketahanan, bersepeda, berenang, dan olahraga sepak bola atau basket sangat bermanfaat ketika dilakukan secara teratur.

Olahraga yang teratur terbukti dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Ini juga membantu mencegah hipertensi, menjaga berat badan yang sehat dan dapat meningkatkan kesehatan mental, kualitas hidup dan kesejahteraan. Olahraga mengacu pada semua kalangan usia dari anak-anak, dewasa, maupun lansia membutuhkan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh, tentunya dengan intensitas yang berbeda. Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam berolahraga harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Menurut WHO dalam panduannya Physical Activity And Sedentary Behavior menjelaskan rekomendasi waktu ideal untuk melakukan olahraga sebagai berikut:

Bagi orang dewasa setidaknya harus melakukan 150–300 menit olahraga dengan intensitas sedang atau setidaknya 75–150 menit olahraga intensitas tinggi. Olahraga yang bisa dilakukan seperti senam aerobik, berenang, jogging, atau bersepeda. Kamu bisa membagi waktu olahraga menjadi 5 kali dalam satu minggu selama 30 menit sehari. Orang dewasa juga disarankan untuk melakukan latihan penguatan otot dalam intensitas sedang atau tinggi selama 2 kali dalam satu minggu seperti squat, push up, deadlift atau bench press.

Banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Supaya kamu tidak bosan, alangkah lebih baik jika mencoba berbagai jenis olahraga yang berbeda pada setiap minggu.  Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, kamu perlu memulainya secara perlahan. Bertahap meningkatkan frekuensi, intensitas dan durasi dari waktu ke waktu. Semakin banyak yang bisa kamu lakukan, semakin baik. Jangan sampai melakukan olahraga berlebihan sekaligus. Lakukan olahraga sesuai kemampuanmu daripada tidak sama sekali.