6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda!

6 Bulan Company Wellness Program. Program kesehatan karyawan untuk perusahaan anda! Lihat Detail

Benar ngga sih 2 buah pisang bikin kenyang?

“Kenyang tidak harus makan nasi, sebagai perbandingan 2 pisang setara dengan dengan 1 porsi nasi 100 gr sudah cukup mengenyangkan” berikut pernyataan Wapres Indonesia KH. Ma’aruf Aamin dalam sambutannya beberapa waktu lalu membahas diversifikasi pangan.

Beliau mengatakan jika makan 2 buah pisang bisa bikin kenyang dan tidak perlu lagi makan nasi. Hmm… masa iya 2 buah pisang bisa bikin kenyang? Simak penjelasannya berikut ya!

Faktanya satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 100 kalori dan karbohidrat sebanyak 26 gram, serta kandungan serat sebanyak 2,6 gram bisa menyediakan 10% kebutuhan serat dalam sehari. Ternyata kandungan serat dalam buah pisang membuat kenyang lebih lama karena sistem pencernaan kita membutuhkan waktu yang lama untuk menyerapnya dan memperlambat pengosongan lambung. Rasanya yang manis dan lembut bisa mengatur kadar gula darah dan insulin serta mengurangi keinginan untuk makan makanan penutup lagi dan dapat mengurangi rasa lapar.

Kandungan vitamin A, C dan B6 dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi, bisa mengatasi anemia karena kaya akan zat besi, melengkapi asupan magnesium, dan dapat mengatasi sembelit.  Pisang juga mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak dibanding buah lain misalnya apel makanya makan 2 pisang saja bisa membuat perut kita kenyang.

Makan pisang juga  bagus bagi orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan, dengan mengkonsumsi buah pisang bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan lain sehingga berat badan bisa terkontrol. Namun perlu diingat, hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang ya, seseorang dengan aktivitas fisik yang berat mungkin membutuhkan konsumsi makanan yang lebih dari sekedar buah pisang saja. 

Nah, itu dia tenyata fakta tentang buah pisang yang katanya bisa bikin kenyang dan kandungan yang ada di dalamnya. Dan jangan lupa untuk selalu konsumsi buah-buahan lain ya supaya asupan nutrisi kamu tetap terpenuhi